Soal Pendamping Ganjar, Qodari Sebut Erick Thohir Cawapres Potensial

Soal Pendamping Ganjar, Qodari Sebut Erick Thohir Cawapres Potensial
Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari merespons pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang membeberkan beberapa nama tokoh politik yang berpotensi mendampingi Ganjar Pranowo yang diusung PDIP sebagai bakal Capres pada Pemilu 2024 mendatang.

Menariknya, kata Qodari, nama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir disebut pertama kali oleh Jokowi sebagai kandidat calon wakil presiden yang akan mendampingi Ganjar Pranowo.

“Analisis saya bahwa nama Erick Thohir disebut pertama sebagai kode keras dari Jokowi untuk cawapres GP (Ganjar Pranowo)," kata Qodari dalam keterangannya, Sabtu (22/4/2023).

Menurut Qodari, terdapat dua variabel yang menjadi landasan dalam memutuskan siapa yang paling potensial sebagai calon wakil presiden. Yakni, pertama variabel kuantitatif, dan kedua, variabel kualitatif.

Pertama, variabel kuantitatif. Sama halnya dengan calon presiden, Qodari melihat dalam memilih calon wakil presiden ditentukan dengan elektabilitas.

Sebab, hal itu akan menjadi pertimbangan partai politik dalam memberikan dukungan.

“Menurut saya, yang penting itu 3 besar tentu kalau nomor satu akan lebih menarik tetapi sejauh ini tiga besar maka dia akan menjadi figur yang potensial untuk menjadi dipertimbangkan oleh calon presiden ya karena dia punya elektabilitas pada titik itu yang juga akan menentukan adalah variabel kualitatif," ungkapnya

Kedua, variabel kualitatif. Qodari menyebut hal ini berkaitan dengan tiga variabel pendukung, yakni dukungan partai politik, basis massa organisasi dan yang selanjutnya adalah logistik atau sumber daya.

Qodari menilai Erick Thohir menjadi calon wakil presiden yang cukup potensial, baik dipasangkan dengan Ganjar maupun Prabowo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News