Soal Penggantian 5 Pemain Diklaim Meringankan Kontestan

Soal Penggantian 5 Pemain Diklaim Meringankan Kontestan
Tim Persiba Balikpapan tengah menjalani sesi latihan. Foto: dok.JPNN

jpnn.com, BALIKPAPAN - Manajer Persiba Bambang Suhendro menuturkan, regulasi baru yang diterapkan PT Liga Indonesia Baru (LIB) dalam gelaran Liga 1 2017 belum final. Terutama terkait pergantian pemain.

Dari hasil manager meeting yang dilakukan di Jakarta beberapa hari lalu, tim masih menerima draf terkait perubahan regulasi yang akan diterapkan.

Artinya, masih bisa berubah jika memang nantinya ada usulan dari kontestan. Tentunya terkait revisi regulasi yang ingin diterapkan.

Diketahui, dalam gelaran Liga 1 2017, PT LIB memunculkan regulasi baru yang mengundang pro dan kontra. Yakni, setiap kesebelasan boleh melakukan pergantian pemain hingga lima orang dalam satu pertandingan.

Ini menjadi pertanyaan karena tidak ada satu pun liga teratas di belahan dunia ini yang menerapkan aturan tersebut. Normalnya, maksimal tiga kali pergantian. Sesuai Law 03 yang diterapkan FIFA per 1 Juni 2016.

“Memang janggal. Tapi, pas pertemuan disetujui oleh ketua PSSI. Dan, tidak ada penolakan dari perwakilan tim dalam manager meeting itu,” kata Bambang kepada Kaltim Post (Jawa Pos Group) kemarin.

Dia menuturkan, aturan baru tersebut muncul akibat adanya kewajiban setiap klub menurunkan tiga pemain di bawah 23 tahun di babak pertama. Itu untuk menyiasati jika ada pemain yang mengalami cedera di babak pertama.

Otomatis juga menurunkan pemain muda lagi. Karena itu, selain ada peraturan pergantian sampai lima orang, juga boleh menyertakan pemain pengganti sampai sembilan orang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News