Soal Penguburan Jenazah Pasien Corona, IDI Usul Tiru Luar Negeri

Soal Penguburan Jenazah Pasien Corona, IDI Usul Tiru Luar Negeri
Saat jenazah DA dibawa ke areal pemakaman. Foto: ANTARA/HO

jpnn.com, JAKARTA - Pengurus Besar IDI (Ikatan Dokter Indonesia) mengajukan usulan menyikapi penolakan warga terhadap penguburan jenazah pasien virus corona COVID-19 yang terjadi di sejumlah daerah.

Idi usul pemerintah menyediakan lahan pemakaman khusus bagi jenazah pasien COVID-19 agar tidak menimbulkan permasalahan di tengah masyarakat.

"Memang akan lebih mudah seperti itu. Dalam artian tidak mengganggu atau menimbulkan polemik di masyarakat," kata Wakil Ketua Umum PB IDI Mohammad Adib Khumaidi saat dihubungi di Jakarta.

Mekanisme tersebut, kata dia, telah diterapkan di luar negeri dengan menyediakan pemakaman khusus jenazah pasien COVID-19. Oleh sebab itu, Indonesia sebaiknya menerapkan hal yang sama pula.

Adib menyakini dengan cara tersebut maka tidak akan ada lagi penolakan-penolakan pemakaman jenazah korban COVID-19 di Tanah Air sebagaimana yang terjadi di beberapa daerah.

Penolakan yang terjadi di sejumlah daerah itu, katanya, salah satunya disebabkan masyarakat merasa takut dan khawatir tertular virus tersebut.

Oleh karena itu, pemerintah perlu mengambil langkah bijak agar tidak ada gejolak sosial.

"Maka salah satu solusi yang bisa dilakukan ialah menyiapkan pemakaman khusus," ujar dia.

Ikatan Dokter Indonesia atau IDI mengajukan usulan terkait polemik penguburan jenazah pasien virus corona COVID-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News