Soal Perizinan, Jokowi: Sudah Puluhan Kali Saya Sampaikan

Soal Perizinan, Jokowi: Sudah Puluhan Kali Saya Sampaikan
Presiden Jokowi. Foto: JawaPos.com

jpnn.com, BOGOR - Presiden Joko Widodo atau Jokowi juga menyoroti persoalan investasi yang dihadapi para investor karena lambatnya perizinan di tingkat kementerian.

Hal ini diungkap Presiden Jokowi dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana Bogor, Senin (8/7).

Padahal, kata Jokowi, masalah ini sudah seringkali dia utarakan dalam berbagai rapat kabinet.

"Yang berkaitan dengan investasi, sudah beberapa puluh kali saya sampaikan. Investasi yang berkaitan dengan ekspor, yang berkaitan dengan barang-barang subtitusi impor, tutup mata, berikan izin secepat-cepatnya, tetapi kejadian yang ada di lapangan tidak seperti itu," ucap Jokowi.

BACA JUGA: Pemerintah Gencar Promosi Peluang Investasi Demi Gaet Investor Tiongkok

Dia lantas memberikan contoh yang terkait dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK). Perizinannya menurut mantan gubernur DKI Jakarta ini masih lama.

"Dari kementerian kehutanan misalnya, masih lama. Ini Pak Wapres biar cerita mengenai petrochemical yang kita perlukan, tetapi berhenti sudah setahun lebih gara-gara lahan. Urusan kecil tetapi ya ini menghambat," jelasnya.

Suami Iriana itu juga bercerita pengalamannya terakhir melakukan kunjungan kerja ke Manado, Sulawesi Utara. Di sana, banyak investor yang berniat membangun hotel, namun terkendala oleh masalah tata ruang.

Presiden Jokowi mengaku sudah beberapa puluh kali menyampiakn bahwa berkaitan dengan investasi seperti ekspor, barang-barang subtitusi impor, tutup mata, berikan izin secepat-cepatnya, tetapi kejadian yang ada di lapangan tidak seperti itu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News