Soal Perppu Pilkada, Demokrat Lebih Lihai Ketimbang Golkar

Soal Perppu Pilkada, Demokrat Lebih Lihai Ketimbang Golkar
Sekjen Partai NasDem, Patrice Rio Capella dalam diskusi tentang Perppu Pilkada di pressroom DPR RI, Jumat (5/12), Foto: Ricardo

jpnn.com - JAKARTA - Politikus Partai Nasional Demokrat (NasDem), Patrice Rio Capella menyatakan bahwa Koalisi Indonesia Hebat (KIH) tetap dalam posisi mendukung pemilihan kepala daerah secara langsung oleh rakyat. Karenanya, KIH akan mempertahankan agar DPR menerima Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota yang diterbitkan erapemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Menurut Patrice, keputusan DPR atas Perppu Pilkada akan tergantung pada sikap politik Partai Demokrat. “Jika Demokrat ke KIH, maka perppu jadi undang-undang. Saya yakin SBY sebagai bapaknya demokrasi, maka Partai Demokrat pasti mendukung perppu," kata Patrice di pressroom DPR, Senayan Jakarta, Jumat (5/12).

Menurutnya, jika PD konsisten mendukung Perppu Pilkada dan tidak balik badan maka partai pimpinan SBY itu benar-benar cerdas. Sebab, PD mampu memainkan peran sebagai penentu sekaligus sebagai partai penyeimbang.

"Partai lain tidak jadi penentu, tapi Demokrat. Dalam berpolitik, terbukti Demokrat paling jago, bukan Golkar. Itu hebatnya Demokrat," ujar Patrice.

Sekjen Partai NasDem itu menegaskan, pilkada langsung oleh rakyatadalah produk demokrasi luar biasa yang dilahirkan oleh SBY. Karenanya, kata Patrice, jika PD sampai balik badan menolak Perppu Pilkada berarti partai pemenang Pemilu 2004 itu memang menghendaki kemunduran.

"Tapi jika Demokrat tidak dukung perppu, maka ini sebuah kemunduran dan sekaligus bukti bahwa SBY tidak lagi efektif mengedalikan Partai Demokrat," pungkasnya.(fas/jpnn)


JAKARTA - Politikus Partai Nasional Demokrat (NasDem), Patrice Rio Capella menyatakan bahwa Koalisi Indonesia Hebat (KIH) tetap dalam posisi mendukung


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News