Soal PT Freeport, Menko Rizal Heran, Menteri ESDM Jalan Sendiri

Soal PT Freeport, Menko Rizal Heran, Menteri ESDM Jalan Sendiri
Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya, Rizal Ramli. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya, Rizal Ramli menyatakan keherannya terhadap Menteri ESDM Sudirman Said. Ia menyatakan tidak tahu Menteri ESDM itu berkoordinasi dengan siapa dalam menghadapi PT Freeport Indonesia yang hingga kini tidak membangun smelter di Indonesia.

“Saya tidak tahu, Menteri ESDM koordinasinya sama siapa? Seperti Menteri ESDM jalan sendirian menghadapi PT Freeport,” kata Rizal Ramli, di Kantor Kemenko Maritim dan Sumber Daya, di Jakarta, Kamis (18/2).

Rizal menjelaskan, seharusnya PT Freeport ini sudah membangun smelter sejak tahun 2009. “Tapi Menteri ESDM terlalu lemah, makanya Frepport malah dengan mudah memojokkan Pak Sudirman Said," tegasnya.

Menurut Rizal Ramli, memang tidak semua perusahaan asing untuk saat sekarang mampu membangun smelter karena biayanya cukup tinggi.

“Hanya ada tujuh perusahaan yang riil sanggup membangun smelter. Satu diantaranya PT Freeport ini. Tapi karena menterinya lemah, maka yang terjadi Menteri ESDM yang diatur-atur oleh PT Freeport,” katanya.(fas/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News