Soal PT MSM, Pemerintah Didesak Beri Kepastian

Soal PT MSM, Pemerintah Didesak Beri Kepastian
Soal PT MSM, Pemerintah Didesak Beri Kepastian
JAKARTA — Pemerintah didesak untuk secepatnya menyelesaikan masalah penambangan emas PT Meares Soputan Mining (MSM) di Sulawesi Utara (Sulut). Mengingat nilai investasi yang ditanamkan PT MSM sangat besar, maka pemerintah diharapkan dapat segera memberi kepastian tentang kegiatan penambangan yang dinilai bermanfaat bagi warga sekitar itu.

Menurut anggota Komisi VII DPR, Kahar Muzakir, sangat disayangkan jika ternyata investasi PT MSM harus disia-siakan. "Kita sudah meninjau di lapangan saat kunjungan kerja baru-baru ini dan ternyata masyarakat di sekitarnya mengakui masuknya MSM akan meningkatkan kesejahteraan mereka,” ungkap Kahar Muzakir, anggota Komisi VII DPR RI yang dihubungi, Kamis (4/3).

Ditambahkannya, jika pemerintah memang menolak masuknya MSM, maka sebaiknya langsung saja mengeluarkan Perda. Meski demikian Muzakir menyarankan agar pemerintah berpikir lebih jauh. “Tapi kan harus dipikir lagi, apa tidak ada jalan keluar lainnya karena susah mencari investor,” cetusnya.

Di tempat terpisah, Kepala Biro Hukum Departemen Energi Sumber Daya Mineral (DESDM) Ruston Situmorang menyatakan, penyelesaian kasus MSM saat ini tengah ditangani Departemen ESDM dan Pemda. Menurutnya, penyebab utama terhambatnya kegiatan MSM sebenarnya adalah ketidakjelasan proses persetujuan dokumen AMDAL.

JAKARTA — Pemerintah didesak untuk secepatnya menyelesaikan masalah penambangan emas PT Meares Soputan Mining (MSM) di Sulawesi Utara (Sulut).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News