Soal Surat Suara Tercoblos di Malaysia, Anies: Enggak Usah Ada Manipulasi

Soal Surat Suara Tercoblos di Malaysia, Anies: Enggak Usah Ada Manipulasi
Capres nomor urut 01 Anies Baswedan di GOR Kadrie Oening Sempaja, Samarinda, Kalimantan Timur, Rabu (7/2). Foto: Ryana Aryadita/JPNN.com

jpnn.com - Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan menanggapi pernyataan Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang menyebutkan bahwa ribuan surat suara tercoblos di Malaysia.

Konon surat suara tersebut tercoblos untuk pasangan calon nomor urut 03 Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Ada pula untuk caleg DPR RI dari PKB.

Menurut Anies, hal-hal tersebut seharusnya diawasi ketat oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

“Ya begini, diawasi dengan baik dan enggak usah ada manipulasi,” ucap Anies di GOR Kadrie Oening Sempaja, Samarinda, Kalimantan Timur, Rabu (7/2).

Anies menuturkan sebesar-besarnya manipulasi yang dikerjakan tidak akan punya dampak yang besar lantaran daftar pemilih tetap (DPT) 2024 mencapai 204 juta jiwa.

“Angka partisipasinya di atas 160 juta, jadi, harus kerja masif, terstruktur untuk bisa membuat kecurangan memiliki angka yang selisihnya besar. Permainan-permainan seperti ini merusak nama baik,” kata dia.

Sebelumnya, TKN Prabowo-Gibran mengeklaim telah menemukan ribuan surat suara yang sudah dicoblos paslon Ganjar-Mahfud di Malaysia.

Wakil Ketua Bidang Hukum TKN Prabowo-Gibran, Habiburokhman mengaku mendapatkan bukti foto dan video yang memperlihatkan sejumlah orang tengah mencoblos paslon Ganjar-Mahfud MD di surat suara.

Capres nomor urut 1 Anies Baswedan menanggapi pernyataan TKN Prabowo-Gibran yang menyebutkan bahwa ribuan surat suara tercoblos di Malaysia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News