Soal TikTok Shop, Jokowi Berkomentar Begini, Silakan Disimak

Soal TikTok Shop, Jokowi Berkomentar Begini, Silakan Disimak
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengomentari soal Tiktok Shop yang berdampak pada penjualan UMKM di Indonesia. Foto: Ricardo

jpnn.com, PENAJAM PASER UTARA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengomentari soal Tiktok Shop yang berdampak pada penjualan usaha mikro kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia.

Dia mengatakan kehadiran TikTok Show telah membuat penjualan serta produksi di lingkup UMKM hingga pasar konvensional anjlok.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menilai seharusnya TikTok berperan hanya sebagai media sosial, bukan ekonomi media.

"Itu berefek pada UMKM, pada produksi di usaha kecil, usaha mikro dan juga pada pasar. Di beberapa pasar sudah mulai anjlok menurun karena serbuan. Mestinya ini, kan, dia itu sosial media, bukan ekonomi media," kata pria yang akrab disapa Jokowi seusai meninjau jalan di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Sabtu (23/9).

Dia menegaskan Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (kemendag) telah menyiapkan aturan untuk mengendalikan niaga elektronik atau e-commerce berbasis media sosial.

Orang nomor satu di Indonesia itu menjelaskan regulasi yang sedang dirancang tersebut akan mengatur fungsi aplikasi tersebut sebagai media sosial dan platform perdagangan atau media ekonomi.

Saat ini, aturan tersebut sudah disiapkan oleh lintas kementerian dan menunggu pengesahan di Kemendag.

"Masih berada posisi regulasinya di Kementerian Perdagangan. Yang lain-lainnya sudah rampung, tinggal di Kementerian Perdagangan. Kami tunggu," kata Jokowi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengomentari soal Tiktok Shop yang berdampak pada penjualan UMKM di Indonesia. Silakan disimak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News