Soal Tumpahan Minyak, Menhub Segera Siapkan Regulasi

Soal Tumpahan Minyak, Menhub Segera Siapkan Regulasi
Menhub Budi Karya Sumadi (tengah) menghadiri simposium internasional lingkungan kelautan yang diselenggarakan oleh Slikcbar Indonesia dan Universitas Balikpapan di Hotel Fairmont, Jakarta, Rabu, (28/11). Foto dok humas

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan pihaknya akan segera menyiapkan regulasi untuk mengantisipasi kembali terjadinya tumpahan minyak di perairan Indonesia.

Hal itu disampaikan Budi dalam simposium internasional lingkungan kelautan yang diselenggarakan oleh Slikcbar Indonesia dan Universitas Balikpapan di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta, Rabu, (28/11).

"Tumpahan minyak ini ada yang sudah terjadi dan mungkin akan terjadi lagi. Jadi yang akan datang kami akan segera menyiapkan regulasi - regulasi yang memang mendukung agar tumpahan minyak tidak terjadi. Sekalipun nanti kembali terjadi akan ada tindakan preventif," ujar Budi.

Tak hanya itu, pihaknya juga akan mendukung segala kegiatan yang dibuat oleh Kementerian lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sebagai leading sektor.

"Karena ada kerugian materil yang tidak terhitung dari tumpahan minyak tersebut yaitu biota laut yang pasti akan terdampak," tutur Budi.

Sementara itu, Chairman Slickbar Indonesia Bayu Satya B.S mengatakan, diperlukan sinergitas bersama antar pihak terkait dengan penyelesaian tumpahan minyak yang terjadi di Indonesia.

Hal ini harus dilakukan lantaran penyelesaian masalah tumpahan minyak di Indonesia tidak kunjung terselesaikan selama ini.

“Kami harus bersama - bersama sinergi untuk menyelesaikan permasalahan ini,” kata dia.

Karena ada kerugian materil yang tidak terhitung dari tumpahan minyak tersebut yaitu biota laut yang pasti akan terdampak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News