Soal Ujian CPNS Rawan Bocor di Percetakan

Antisipasi Gagal Pemindaian, Pencetakan LJK Terpusat

Soal Ujian CPNS Rawan Bocor di Percetakan
Soal Ujian CPNS Rawan Bocor di Percetakan

JAKARTA - Master soal ujian tes CPNS tahun anggaran 2013 mulai di distribusikan ke instansi pusat maupun daerah. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birorasi (Kemen PAN-RB) meminta seluruh panitia seleksi di pusat maupun daerah berhati-hati. Potensi soal ujian bocor harus bisa dicegah.
 
Deputi SDM Aparatur Kemen PAN-RB Setiawan Wangsaatmaja menuturkan, master soal ujian ini diberikan khusus untuk instansi yang menyelenggarakan tes CPNS dengan format LJK (lembar jawaban komputer). Dia mengatakan panitia berupaya menjaga ketat mulai dari percetakan hingga pendistribusian.

"Kami meminta semua pihak yang bertanggung jawab terkait pelaksanaan tes CPNS ini untuk menandatangani pakta integritas," katanya. Termasuk diantaranya adalah percetakan. Setiawan mengatakan seluruh percetakan pemenang tender penggandaan naskah ujian CPNS harus bersedia mendandatangani pakta integritas.
 
Sebab dia mengatakan di percetakan ada potensi gangguan pelaksanaan ujian, yakni bocornya naskah soal. "Kami semua mulai dari panitia di pusat dan di daerah ikut menjaga," tandasnya. Untuk di daerah, seluruh gubernur ditunjuk menjadi koordinator pelaksana dan pengawasan.
 
Selain memperketat pengawasan penggandaan naskah ujian di percetakan, Setiawan menegaskan naskah ujian yang sudah dicetak harus segera diamankan. "Kalau bisa pencetakan mendekati ujian. Sehingga tidak terlalu lama mengendap," katanya. Rencananya naskah ujian yang sudah tercetak ini diaman dulu di kantor-kantor Polsek.
 
Catatan dari panitia seleksi nasional (panselnas), daftar nominasi peserta ujian harus sudah diserahkan dari seluruh maksimal 7 Oktober. Dengan demikian panselnas bisa segera mencetak LJK untuk didistribusikan seluruh Indonesia. Setiawan mengatakan pencetakan LJK ini terpusat, untuk menghindari gangguan teknis. Seperti tidak bisa di-scan saat proses pemindaian.
 
Setiawan mengatakan, pengalaman pemindaian ujian CPNS tahun lalu sempat mengalami gangguan serius. Di sejumlah tempat, LJK dicetak dengan ukuran yang berbeda dari spesifikasi nasional. "Sehingga tidak bisa saat dilakukan pemindaian," katanya. Akibatnya pemindaian dilakukan manual dan berakibat pengumuman scoring molor.
 
Dia menegaskan sentralisasi percetakan hanyak husus untuk LJK saja. Sedangkan untuk lembar naskah soal ujian, dicetak masing-masing instansi dengan dikomando gubernur. Setiawan berharap proses teknis percetakan naskah ujian ini berjalan lancar sehingga ujian berlangsung serentak. Kemen PAN-RB telah menetapkan jadwal ujian CPNS format LJK dilaksankan pada 3 November, khusus untuk Papua dilaksankan 4 Nocember.  (wan)


JAKARTA - Master soal ujian tes CPNS tahun anggaran 2013 mulai di distribusikan ke instansi pusat maupun daerah. Kementerian Pendayagunaan Aparatur


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News