Soal Virus Corona, Suhendra Hadikuntono Puji Respons Jokowi

Soal Virus Corona, Suhendra Hadikuntono Puji Respons Jokowi
Pengamat intelijen Suhendra Hadikuntono. Foto: Dokpri for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat intelijen senior Suhendra Hadikuntono menilai Presiden Joko Widodo sudah on the track dalam penanganan virus corona.

Dia pun memuji respons Jokowi yang langsung menelepon Tedros Adhanom Ghebreyesus sesaat setelah menerima surat dari direktur jenderal World Health Organization (WHO) itu.

“Hal tersebut merupakan sikap sigap dan tanggung jawab serta bentuk kewaspadaan yang ditunjukkan oleh Presiden Jokowi,” kata Suhendra, Sabtu (14/3).

Dia menambahkan, sikap tanggap Jokowi itu menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia sudah dalam garis yang benar atau on the track dalam penanganan Covid-19.

“Presiden Jokowi tidak menginginkan Indonesia digunakan sebagai fokus atau perhatian dunia terkait masalah Covid-19," imbuhnya.

Pada saat pihak pemerintah sedang fokus menangani Covid-19, lanjut Suhendra, lembaga intelijen negara harus sigap menangkal semua kepentingan yang akan memperkeruh suasana atau mengail di air keruh. 

"Secara logika seharusnya aparat intelijen negara mempunyai kemampuan untuk mengamankan politik negara," imbuh Suhendra.

Suhendra juga memprediksi perang pada masa depan bukan lagi mengandalkan senjata berat artileri atau bom.

Pengamat intelijen senior Suhendra Hadikuntono menilai Presiden Joko Widodo sudah on the track dalam penanganan virus corona.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News