Sofjan Djalil Perintahkan BUMN Jual Dollar AS

Sofjan Djalil Perintahkan BUMN Jual Dollar AS
Sofjan Djalil Perintahkan BUMN Jual Dollar AS
JAKARTA—Krisis keuangan global yang terjadi saat ini membuat pemerintah ikut melakukan berbagai langkah antisipatif. Salah satunya dengan meminta 14 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk mengalihkan rekening dolar AS yang dimiliki ke sistem perbankan nasional.

"Kami minta mereka ikut memperhatikan kondisi ekonomi di dalam negeri. Dolar AS yang dimiliki BUMN bisa menambah cadangan devisa," kata Menneg BUMN Sofyan Djalil, Rabu (8/10).

Selain itu, 14 BUMN itu diminta berkoordinasi dengan Bank Indonesia terkait pemenuhan kebutuhan dolar AS. Adapun ke-14 BUMN itu adalah PT Pertamina (Persero), PT PLN (Persero), PT Timah Tbk., PT Aneka Tambang Tbk., PT Bukit Asam Tbk., PT Pupuk Kaltim, PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III, PTPN IV, PTPN V, PTPN VII.

Menurut Sofyan, pihaknya sudah memanggil 14 BUMN tersebut yang memiliki rekening dalam bentuk dolar AS dan memiliki pendapatan (revenue) dolar. Tanggapan perusahaan-perusahaan tersebut baik, dan bersedia mengikuti arahan pemerintah.

JAKARTA—Krisis keuangan global yang terjadi saat ini membuat pemerintah ikut melakukan berbagai langkah antisipatif. Salah satunya dengan meminta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News