Sofyan Djalil Beri Tips Kepemimpinan untuk Para Anggota Sespimmen Polri

Sofyan Djalil Beri Tips Kepemimpinan untuk Para Anggota Sespimmen Polri
Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil memberikan kuliah umum kepada anggota Sespimmen Polri. Foto: ATR/BPN.

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan A. Djalil menyatakan tugas serta tanggung jawab seorang pemimpin akan bertambah berat seiring perkembangan zaman. Oleh karena itu, kata Sofyan, calon pemimpin harus menambah kompetensi dan kualitas diri.

Sofyan mengatakan itu saat memberikan kuliah umum kepada anggota Sekolah Staf dan Pemimpin Menengah Kepolisian Republik Indonesia atau Sespimmen Polri secara daring, Kamis (6/5).

"Di masa yang akan datang, tanggung jawab saudara-saudara sekalian jauh lebih berat. Jangan berharap anda bisa bersembunyi hari ini,” kata dia.

Sofyan mencontohkan di ATR/BPN dia selalu mengingatkan jajarannya untuk tidak melakukan lobi-lobi demi mendapatkan posisi.

Sebab, dia akan menilai sosok yang dapat diberikan tanggung jawab lebih besar.

“Kami akan menilai saudara untuk memberikan tugas yang lebih baik pada orang yang kompeten. Kami berikan tugas dan tanggung jawab lebih berat," papar Sofyan.

Berdasarkan pengalamannya memimpin lima kementerian, kata Sofyan, modal seorang pemimpin ialah harus bisa bekerja sama, dan menjadi pendengar yang baik.

Menurutnya, dengan cara itu masalah akan lebih mudah diselesaikan.

Sofyan Djalil memberikan kuliah umum kepada anggota Sespimmen Polri. Sofyan menegaskan calon pemimpin harus menambah kompetensi dan kualitas diri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News