Solidaritas di Masa Pandemi, Indonesia Beri Bantuan kepada Dua Negara Pasifik Ini

Solidaritas di Masa Pandemi, Indonesia Beri Bantuan kepada Dua Negara Pasifik Ini
Penandatanganan dokumen perjanjian bantuan kemanusiaan penanganan pandemi dari Indonesia untuk Kepulauan Solomon di Jakarta, Rabu (16/12/2020). Foto: ANTARA/Aria Cindyara)

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah Indonesia menandatangani perjanjian pemberian bantuan kemanusiaan dengan pihak Kepulauan Solomon dan Fiji. Langkah ini merupakan cerminan komitmen pemerintah meningkatkan kerja sama internasional pada masa krisis.

Tiga dokumen yang ditandatangani pada Rabu (16/12), mencakup bantuan penanganan pandemi bagi Kepulauan Solomon dan Fiji. Selain itu, Indonesia membantu renovasi Victoria School yang terdampak oleh bencana iklim di Fiji.

“Perjanjian-perjanjian yang baru ditandatangani mencerminkan komitmen kemitraan kuat antara Indonesia dengan negara-negara Pasifik, termasuk pada saat krisis sekarang ini,” kata Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, yang turut menyaksikan penandatanganan oleh perwakilan negara-negara dari Jakarta.

Menurut Retno, bantuan yang diberikan menggunakan pendanaan dari Indonesia Aid yang didirikan pada Desember 2019 lalu.

Bantuan Indonesia kepada dua negara kecil di Pasifik tersebut akan digunakan untuk pengadaan alat-alat kesehatan yang diproduksi oleh produsen Tanah Air.

Selain Fiji dan Kepulauan Solomon, Timor Leste juga dijadwalkan untuk turut menerima bantuan dari Indonesia.

Namun penandatanganan perjanjian hibah harus dijadwalkan kembali di waktu dekat karena adanya kendala teknis.

Dalam kesempatan itu, Retno kembali menekankan sikap Indonesia yang menjunjung tinggi solidaritas internasional, terutama pada masa krisis.

Indonesia memberikan bantuan kemanusiaan kepada dua negara kecil di kawasan Pasifik melalui program Indonesia Aid. Sudah mirip negara-negara maju belum?

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News