Solidaritas Emak-Emak Minta Polisi Bebaskan Pelajar dan Mahasiswa

Solidaritas Emak-Emak Minta Polisi Bebaskan Pelajar dan Mahasiswa
Aksi teatrikal tabur bunga di depan Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Minggu (13/10). Foto: Antara/Livia Kristianti

jpnn.com, JAKARTA - Sejumlah ibu-ibu yang menamakan diri Solidaritas Emak-Emak meminta kepolisian membebaskan mahasiswa dan pelajar yang masih ditahan usai demonstrasi belakangan ini.

Selain menyuarakan tuntutan, mereka juga melakukan aksi teatrikal tabur bunga sebagai tanda duka atas meninggalnya lima orang anak muda dalam demonstrasi beberapa waktu lalu, di depan Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Minggu (13/10).

"Saya mewakili ibu- ibu, emak-emak di seluruh Indonesia. Kami berduka melihat korban demo meninggal, anak-anak ditahan tanpa kejelasan," kata salah satu anggota solidaritas itu, Kokom Komalawati dalam orasinya.

Mereka yang mayoritas berada dari Jakarta dan Tangerang itu turut membawa kertas tuntutan seperti "Stop Intimidasi kepada Keluarga Korban Demo", "Stop Kekerasan dan Intimidasi Aparat terhadap Demonstran saat Aksi".

Mereka juga menuntut Polda Metro Jaya secara terbuka dan transparan memberikan data tentang mahasiswa dan pelajar yang masih ditahan agar orang tua dan keluarga bisa mengetahui keadaan anak- anaknya.

Gerakan "emak- emak" itu juga meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan; Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi; serta Komisi Perlindungan Anak Indonesia agar menghentikan pelarangan terhadap penyampaian pendapat dan ancaman 'Drop Out'.

Aksi teatrikal tabur bunga ini merupakan aksi kedua yang dilakukan oleh 'Solidaritas Emak- Emak' di depan Polda Metro Jaya.

Para emak- emak tersebut berharap agar tidak ada lagi kasus kekerasan yang dilakukan oleh penegak hukum kepada masyarakat ketika melakukan penyampaian pendapat di ruang publik. (antara/jpnn)

Selain menyuarakan tuntutan, Solidaritas Emak-Emak juga melakukan aksi teatrikal tabur bunga.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News