Solo dan Transformasi Pembangunan yang Signifikan

Oleh: A. Krisna Cahna

Solo dan Transformasi Pembangunan yang Signifikan
Koordinator Youth and Millenial Community Krisna Cahna. Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com - Solo, kota dengan sejarah dan budaya yang kaya, telah menjadi saksi dari berbagai transformasi dalam beberapa tahun terakhir. Pentingnya pembangunan berkelanjutan di tingkat lokal tidak dapat diabaikan.

Pembangunan yang menitikberatkan pada pemberdayaan ekonomi, infrastruktur, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat berpotensi menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pertumbuhan dan kemajuan.

Menjadikan Solo sebagai kota budaya dan pariwisata, menjadi fokus saat Gibran Rakabuming Raka mengambil alih jabatan wali kota.

Gibran telah membawa angin segar pembangunan ke kota ini, menciptakan dampak positif yang signifikan dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat Solo.

Peran daerah dan kota dalam pembangunan daerah dapat diterima jika didasarkan pada lokasi yang memang mengakui adanya pengaruh kawasan perkotaan terhadap lingkungan sekitarnya.

Menurut teori von Thunen, kota metropolitan merupakan pasar bagi produk-produk yang dihasilkan di wilayah sekitarnya.

Oleh karena itu, kedekatan dengan perkotaan seperti Solo penting bagi kegiatan perekonomian di sekitar wilayah-wilayah tersebut.

Menopang Pembangunan Infrastruktur

Pembangunan yang menitikberatkan pada pemberdayaan ekonomi, infrastruktur, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat menjadi angin segar bagi Solo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News