Sore Ini PON Dibuka

Sore Ini PON Dibuka
Geladi bersih pembukaan PON di Stadion Utama Samarinda. Foto: Thomas/KP
SAMARINDA - Pekan Olahraga Nasional (PON) XVII Kaltim resmi dibuka sore ini. Seluruh pengisi acara masih sibuk melakukan geladi bersih di Stadion Utama Kaltim di Palaran, Samarinda. Meski merupakan latihan terakhir, namun belum semua gerakan mampu ditampilkan dengan sempurna.

Pada geladi bersih semua pengisi acara mengenakan atribut yang akan dikenakan pada saat acara upacara pembukaan dan penutupan (UPP). Sehari sebelumnya, Kamis latihan bersama juga diadakan di tempat yang sama.

Kesempatan pertama digunakan untuk pengisi acara pada upacara penutupan yang rencananya dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Pada kesempatan ini berbagai atraksi dilakukan pengisi acara, di antaranya adalah defile atlet, penurunan bendera KONI, pemadaman api PON dan hiburan.

Sementara itu pada saat hampir bersamaan, di luar stadion juga dilakukan geladi bersih pemasangan bendera kontingen. Pada tahap ini peserta yang merupakan mantan anggota pasukan pengibar bendera (Pakibra) terlihat masih melakukan kesalahan terutama pada saat pemasangan tali bendera yang diikatkan pada tali tiang bendera.

Selanjutnya kegiatan geladi bersih di dalam Stadion Utama Kaltim, sekira pukul 17.00 Wita. Dipilihnya waktu tersebut berhubungan dengan pelaksanaan upacara pembukaan yang akan dilaksanakan Sabtu (5/7) yang akan berlangsung malam hari.

Konsultan Event Organizer UPP Djaduk Ferianto mengungkapkan, upacara pembukaan akan dimeriahkan oleh penampilan lebih dari 1.000 penari ini akan menampilkan tari kolosal bertema Pola Daya. Tarian kolosal itu terdiri dari tari jugit paman, tari rudat hadrah, tari jepen, tari enggang, tari perang/kancet pepatay, tari hudoq, tari belian sentiyu, tari behempas, pencak silat seni dan teater.

Sejumlah tarian khas Kaltim tersebut dikemas dengan menggambarkan pesona pesisir hingga pedalaman Kaltim.

SAMARINDA - Pekan Olahraga Nasional (PON) XVII Kaltim resmi dibuka sore ini. Seluruh pengisi acara masih sibuk melakukan geladi bersih di Stadion

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News