Sori, Flyover Hanya untuk Pemudik dengan Kendaraan Kecil

Flye

Sori, Flyover Hanya untuk Pemudik dengan Kendaraan Kecil
Pengerjaan fly over di wilayah Tegal, Jawa Tengah yang dikebut demi arus mudik Lebaran mendatang. Foto: Teguh Mujiarto/radartegal.com

jpnn.com, TEGAL - Pemerintah sedang membangun empat flyover di wilayah Brebes dan Tegal. Rencananya, flyover dengan jalur kereta di bawahnya itu juga akan dioperasikan saat musim mudik Lebaran nanti.

Namun, tak semua kendaraan bakal diizinkan melintasi flyover di jalur Tol Pejagan-Pemalang. Flyover itu hanya untuk kendaraan kecil.

Kepala Tata Usaha Pembangun Empat Flyover Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Lindung Simbolon mengatakan, untuk kendaraan berat seperti truk dan bus nantinya masih diarahkan untuk lewat bawah. Sedangkan jalur di atas yang melintasi flyover hanya untuk kendaraan kecil.

"Karena masih fungsional, empat flyover nantinya hanya bisa dilalui oleh kendaraan kecil. Untuk kendaraan berat seperti truk dan bus masih dilewatkan di bawah. Jalan yang di atas rel hanya kendaraan-kendaraan kecil sebab harus menyesuaikan mutu betonnya," katanya.

Namun, kata Lindung, nantinya akan ada simulasi terlebih dahulu. Hal itu untuk memastikan apakah kendaraan berat bisa dilewatkan flyover.

"Nanti lihat kondisi setelah simulasi. Kendaraan berat kan juga nantinya ada larangan melintas selama arus mudik mulai H-5," tukasnya.

Lindung menambahkan, proses pembangunan flyover terkendala kondisi cuaca. Sebab, dalam beberapa hari terakhir intensitas hujan kembali meningkat cukup tinggi sehingga sangat menghambat pengerjaan.

Sementara Kasat Lantas Polres Tegal AKP Yoppy Anggi K meminta bus-bus nantinya bisa dilewatkan melalui flyover. Sebab macet dipastikan akan tetap terjadi jika bus-bus dilewatkan di bawah flyover.(muj/zul/jpg)


Pemerintah sedang membangun empat flyover di wilayah Brebes dan Tegal. Rencananya, flyover dengan jalur kereta di bawahnya itu juga akan dioperasikan


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News