Pilpres 2019

Sori, NasDem Tak Tertarik Usung Habib Rizieq

Sori, NasDem Tak Tertarik Usung Habib Rizieq
Habib Rizieq Shihab. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Partai NasDem Johnny G Plate menyatakan, sah-sah saja bagi Persaudaraan Alumni (PA) 212 merekomendasikan nama Habib Rizieq Shihab sebagai calon presiden (capres) untuk Pemilu 2019. Namun, NasDem tak tertarik untuk mengusung imam besar Front Pembela Islam (FPI) itu sebagai capres.

“Itu namanya bakal capres, bukan capres,” kata Johnny di gedung DPR, Jakarta, Kamis (31/5).

Dia menjelaskan, capres harus diusulkan partai politik (parpol) atau gabungan dari parpol. Selain itu, parpol atau gabungan parpol harus mencukupi ambang batas minimal 20 persen dari jumlah kursi DPR untuk bisa mengusung capres.

“Di luar itu tidak. Itu bagian dinamika demokrasi,” tegasnya.

Karena itu Johnny memastikan Partai Nasdem tidak akan melirik Habib Rizieq sebagai capres sebagaimana rekomendasi PA 212.  “Sudah pasti tidak,” tegas Johnny.

Dia menambahkan, NasDem sudah memutuskan untuk mengusung Joko Widodo sebagai capres. Sedangkan untuk posisi cawapres, NasDem menyerahkannya ke Jokowi untuk menentukannya. “Sudah ada dalam kantongnya,” tegasnya. 

Meski demikian Johnny tetap menghargai posisi Rizieq sebagai bakal capres yang diusulkan masyarakat. “Tapi, kalau bilang calon harus melalui parpol,” ujar legislator Partai NasDem itu memungkasi pernyataannya.(boy/jpnn)


Sekjen Partai NasDem Johnny Plate menyatakan, partainya sudah memutuskan untuk mengusung Joko Widodo untuk Pilpres 2019 sehingga tak tertarik pada Habib Rizieq.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News