Sosok Puti Guntur yang Dianggap Sudah Matang

Sosok Puti Guntur yang Dianggap Sudah Matang
Puti Guntur Soekarno. Foto: Dite Surendra/Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri menunjuk Puti Guntur Soekarno sebagai bakal cawagub Jatim pendamping Saifullah Yusuf.

Keputusan ini mengejutkan karena nama Puti tidak diperhitungkan sebelumnya di bursa pencalonan Pilgub Jatim. Sebab, nama dia sebelumnya masuk daftar kandidat di Pilgub Jabar.

Namun, keputusan partai mengubah segalanya. PDIP memutuskan Puti sebagai pendamping Saifullah Yusuf alias Gus Ipul. Dia dianggap sudah matang dalam berpolitik.

Perempuan yang mempunyai nama asli Puti Pramathana Puspa Seruni Paundrianagari Guntur Soekarno Putri itu merupakan anak dari pasangan Guntur Soekarno Putra dan Henny Emilia Hendayani. Guntur adalah anak Bung Karno. Berarti Puti ialah cucu dari presiden pertama Indonesia itu.

Dia lahir di Jakarta pada 26 Juni 1971. Puti menikah dengan Joy Kameron dan dikaruniai dua anak, Rakyan Ratri Syandriasari Kameron dan Rakyan Daanu Syahandra Kameron.

Puti menempuh pendidikan di fakultas ilmu sosial dan ilmu politik Universitas Indonesia (UI). Berbekal ilmu politik dari kampus ternama itu, dia pun memutuskan diri bergabung dengan PDIP.

Pada 2009, dia terjun dalam pemilihan legislatif (Pileg) dan terpilih dari daerah pemilihan Jabar X yang meliputi Kuningan, Ciamis, dan Kota Banjar pada periode 2009 – 2014. Kemudian dia terpilih kembali pada periode 2014 – 2019.

“Mbak Puti ditugaskan di Komisi X DPR,” terang Ketua Fraksi PDIP Utut Adianto saat ditemui usai perayaan HUT PDIP yang ke-45 di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (10/1).

Puti Guntur Soekarno merupakan cucu Bung Karno. Puti juga pernah menyatakan sebagai keturunan Raja Sunda Galuh di Banjar, Jabar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News