Sosok Wouw Bukan Habib Salim atau Ustaz Abdul Somad tapi…

Sosok Wouw Bukan Habib Salim atau Ustaz Abdul Somad tapi…
Rizal Ramli. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Universitas Paramadina Hendri Satrio menilai dua nama calon cawapres Prabowo Subianto yang direkomendasikan ijtima ulama, yakni Ustaz Abdul Somad (UAS) dan Habib Salim Segaf Aljufri bukan figur yang mengejutkan bagi kubu Jokowi.

Bahkan, kalaupun poros Prabowo berhasil meyakinkan UAS yang telah menolak secara halus maju sebagai cawapres, itu pun menurut Hendri tetap sulit mengalahkan mantan gubernur DKI Jakarta tersebut.

"Kalau Ustaz Salim atau Ustaz Somad yang dipilih pun, menurut saya di kubu Jokowi biasa saja menanggapinya. Tapi yang jelas sih, kalau Ustaz Somad atau Ustaz Salim jadi cawapresnya, ini agak sulit mendongkrak elektabilitas Prabowo," ucap Hendri kepada JPNN, Kamis (2/8).

Penilaiannya itu bukan tanpa alasan. Sebab, kata dia, harus diingat bahwa terdapat banyak nama ulama kondang dan tokoh berpengaruh yang masuk dalam bursa cawapres Jokowi.

Beberapa yang disebutkan Hendri, ada Ketua Majelis Ulama (MUI) KH Ma'ruf Amin, Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj, Gubernur NTB TGB Muhammad Zainul Majdi, Ketum PPP Romahurmuziy hingga Ketum PKB Muhaimin Iskandar.

Selain itu, disparitas antara elektabilitas Prabowo dengan Jokowi berdasarkan survei banyak lembaga terlihat adanya gab yang cukup jauh, sekitar 20-an persen.

"Memang Jokowi belum 50 persen plus satu, tapi dengan jarak yang jauh itu, Prabowo membutuhkan sosok yang wow, yang memang bisa mendongkrak suara dia dengan cepat dan masif," jelasnya.

BACA JUGA: Jika Prabowo – Habib Salim, Hasil Pilpres Gampang Ditebak

Jika cawapres Prabowo Subianto adalah Habib Salim Segaf atau Ustaz Abdul Somad, bukan hal sulit bagi Jokowi untuk memenangi Pilpres 2019.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News