SP Habiskan Rp3,3 Triliun

SP Habiskan Rp3,3 Triliun
SP Habiskan Rp3,3 Triliun
JAKARTA- Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Rusman Heriawan, Kamis (1/4) mengatakan bahwa saat ini konsentrasi pemerintah sedang menantikan hasil Sensus Penduduk (SP) 2010. Hasil sensus ini ditunggu karena akan menentukan arah kebijakan pemerintah melalui kementrian dan kelembagaan nantinya, untuk mengejar target jangka pendek, menengah dan panjang nantinya. Anggaran untuk Sensus Penduduk 2010 pun cukup besar yakni mencapai Rp3,3 triliun.

 

"Ini merupakan bulan kritikal buat BPS guna mempersiapkan Sensus Penduduk 2010. Akan ada 7.000 petugas sensus yang turun serentak mendata seluruh masyarakat dengan target zero error. Sensus akan dimulai tanggal 1-31 Mei. Tahun ini tidak sama dengan sensus rutin BPS, karena anggarannya sebesar Rp3,3 triliun," kata Rusman.

 

Anggaran sebesar itu, kata Rusman akan lebih banyak dipergunakan untuk mobilisasi petugas Sensus. Karena kegiatan pada Sensus penduduk 2010 berbeda dari biasanya. Sistem pendataan akan dilakukan dari pintu ke pintu, dengan berbagai informasi yang selengkap-lengkapnya.

 

"Kita akan cari data riil. Ada berapa penduduk miskin, berapa anak yang terancam putus sekolah, yang lanjut usia, yang sakit, yang cacat, berapa tingkat kematian ibu dan bayi, tingkat kesejahteraan dan lain sebagainya. Jadi saat ini banyak KL yang cemas menunggu hasil Sensus karena ini merupakan data riil kita dilapangan," kata Rusman.

 

JAKARTA- Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Rusman Heriawan, Kamis (1/4) mengatakan bahwa saat ini konsentrasi pemerintah sedang menantikan hasil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News