SP PLN Dukung KPK untuk Memberantas Korupsi di PLN

SP PLN Dukung KPK untuk Memberantas Korupsi di PLN
Gedung KPK. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - KPK menggeledah rumah Dirut PLN Syofyan Basir terkait OTT kasus suap Wakil Ketua Komisi VII EMS yang berhubungan dengan proyek di PLN.

SP PLN terdiri dari 49 DPD dengan 33.000 anggotanya dari Sabang sampai Merauke ikut bersuara terkait kasus ini.

“Kami SP PLN mendukung KPK untuk mengusut tuntas kasus tersebut termasuk penggeledahan yang dilakukan KPK di rumah Dirut PLN Syofyan Basir. Menurut pendapat kami korelasi keterlibatan Syofyan Basir dalam kasus tersebut patut diusut. Melalui Wakil Ketua Komisi VII yang tertangkap tangan, diduga Dirut PLN memuluskan swasta dalam proyek PLN. Menurut pendapat kami ini hanyalah puncak gunung es. Mudah-mudahan melalui KPK, PLN dapat diselamatkan,” kata Ketua Umum SP PLN Jumadis Abda.

"Kami SP PLN sudah banyak melihat ketidakwajaran yang terjadi di PLN. Mulai dari yang besar program 35.000 MW yang sangat berlebih diserahkan ke swasta dengan take or pay. Untuk ini kita malah sudah mendatangi KPK. Kita menghitung akan ada kerugian PLN Rp. 140 T/ tahun setelah selesai pembangunannya.

Kasus lainnya terkait kasus MVPP yang lebih mahal dari sewa genset existing yang ada di daerah itu. “Untuk Belawan saja, kami hitung PLN rugi setidaknya Rp 700 miliar per tahun. Belum lagi di empat tempat lainnya,” kata Jumadis.

Berikutnya MPP 500 MW yang seharusnya menggunakan gas murah malah menggunakan minyak yang mahal.

Selain itu tantiem Direksi naik tajam jadi sekitar 250 M. Mobil dinas Direksi yang masing-masing dapat tiga kendaraan; Mercy, Alphard dan CRV. Ini jelas membuat PLN makin boros dan makin terpuruk.

Bahkan di tengah kerugian PLN di tiga bulan pertama 2018 yang mencapai Rp. 6,49 T, Direksi PLN malah jor-joran pengadaan pakaian dinas pegawai dipakai setiap hari, yang biasanya hanya untuk dua hari dalam satu minggu, yang pengadaan secara terpusat. Ini ada apa?," tanya Jumadis heran.

KPK menggeledah rumah Dirut PLN Syofyan Basir terkait OTT kasus suap Wakil Ketua Komisi VII EMS yang berhubungan dengan proyek di PLN.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News