Spanyol Siapkan Hampir Rp 1 T untuk Bantu Ukraina

Spanyol Siapkan Hampir Rp 1 T untuk Bantu Ukraina
Ukraina menandai satu sejak invasi Rusia dimulai, yang hingga kini masih berlangsung. (AP: Emilio Morenatti)

jpnn.com, BRUSSELS - Spanyol pada Sabtu (1/7) berjanji untuk mengalokasikan 55 juta euro (sekitar Rp 903 miliar) sebagai dukungan tambahan untuk sekolah-sekolah serta usaha kecil dan menengah di Ukraina.

Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez mengumumkan keputusan tersebut dalam kunjungan ke Kiev, beberapa jam setelah Spanyol mengambil alih jabatan presiden bergilir Uni Eropa.

"Hari ini, Spanyol memutuskan untuk mengalokasikan bantuan tambahan 55 juta euro, termasuk 51 juta euro melalui Grup Bank Dunia, untuk membiayai usaha kecil dan menengah Ukraina, serta empat juta euro melalui Program Pembangunan PBB (UNDP) untuk menyediakan sekolah di Ukraina dengan sistem energi yang ramah lingkungan dan berkelanjutan," kata Sanchez.

Madrid juga akan mengirimkan lagi empat tank tempur Leopard dan pengangkut personel lapis baja ke Ukraina, lanjutnya.

"Kami akan segera mengirim material militer berat baru, akan ada empat tank Leopard dan kendaraan angkut lapis baja lagi," katanya.

Spanyol telah mengirimkan enam tank Leopard ke Ukraina pada April lalu.

Sanchez juga mengutarakan harapannya agar Kiev sukses dalam serangan balasannya untuk merebut kembali wilayah yang direbut Rusia sejak dimulainya perang pada 24 Februari 2022.

Ia berharap ini akan mengarah pada "perdamaian yang adil dan abadi", serta berjanji bahwa "Eropa dan Spanyol akan tetap berada di sisi Anda selama diperlukan."

Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez mengumumkan keputusan tersebut dalam kunjungan ke Ukraina

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News