Spirit Menanam 'Reborn' di Bukit Wartawan

Spirit Menanam 'Reborn' di Bukit Wartawan
Spirit Menanam 'Reborn' di Bukit Wartawan
WONOSOBO – Menko Perekonomian Hatta Rajasa dan Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan bakal membuka camping pencinta, pemerhati, pengamat dan perawat lingkungan di Bukit Wartawan, Telaga Menjer, Wonosobo, Jawa Tengah. Bukit yang lima tahun lalu, menjadi penanda spirit para jurnalis di negeri ini saat merayakan Hari Pers Nasional (HPN) 2008 di Semarang. Di bukit itulah ribuan pohon konservasi ditanam oleh para kuli laptop dan kuli kamera.

“Saya bangga, pekerja jurnalistik ini tidak sekedar mengkritik kerusakan lingkungan dan punahnya aneka vegatasi akibat pembalakan liar. Tetapi, wartawan juga secara konkret dan nyata, melakukan aksi penanaman pohon, membuat monument bukit wartawan, dan sekaligus menancapkan spirit cinta lingkungan,” sambut Menko Hatta Rajasa, yang sangat antusias dengan kegiatan “Edukasi Lingkungan Djarum Trees For Life di Bukit Wartawan”, 24-26 Maret 2013.

Lima tahun silam, saat memulai penanaman Bukit Wartawan ini, Menkominfo M Nuh yang hadir bersama semua organisasi kewartawanan di tanah air. Setelah lima tahun ditanam, seperti apa pohon-pohon yang dirancang sebagai water catching system itu? Setinggi apa mereka? Sesubur apa mereka? Seberapa besar kontribusinya buat produksi oksigen di sana? Sambil menyelam minum air, sambil camping selama tiga hari, sekaligus melihat ke belakang, spirit menanam wartawan kala itu. “Spirit itulah yang reborn! Lahir kembali! Semampang masih musim hujan, masih banyak air, ayo kita galakkan menanam pohon lagi,” sebut Hatta.

Kemah yang diikuti sekitar 270 peserta yang berasal dari unsur pencinta alam, penggerak lingkungan, mahasiswa, wartawan, organisasi sosial kemasyarakatan ini menjadi sangat unik. Karena selain melakukan penanaman pohon, kerja bakti pembersihan Telaga Menjer, juga diisi dengan workshop bertema lingkungan.

“Workshop ini mencakup dua sasaran, pertama, menginspirasi peserta akan penting dan mendesaknya budaya menanam. Kedua, mengajari teknis, bagaimana memberdayakan setiap jengkal tanah untuk pohon. Bagi Djarum Foundation, edukasi lingkungan semacam ini sudah dilakukan sejak tahun 1989, dan secara konsisten dijalankan hingga saat ini,” tambah Primadi M Serad, Program Director Djarum Foundation.

WONOSOBO – Menko Perekonomian Hatta Rajasa dan Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan bakal membuka camping pencinta, pemerhati, pengamat dan perawat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News