Spirit Persatuan di Festival Capgome 2019 dan Pesan Penting dari Mbak Puan

Spirit Persatuan di Festival Capgome 2019 dan Pesan Penting dari Mbak Puan
Spirit Persatuan di Festival Capgome 2019 dan Pesan Penting dari Mbak Puan

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani menyuarakan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa sebagai kunci untuk menuju kemajuan. Menurutnya, Indonesia yang kaya akan budaya harus terus bersatu.

"Sebagai satu bangsa jangan pernah kita dipecah belah sebagai bangsa dan rakyat Indonesia. Saling menghormari dan selalu bertoleransi kepada semua agama, semua orang yang ada adalah perekat bangsa ini menuju bangsa yang lebih baik dan bangsa yang merdeka," ujar Puan saat membuka Festival Capgome Tambora 2019 yang digelar di Mal Seasons City, Jakarta Barat, Minggu (24/2).

Suasana merah tampak mendominasi kawasan Mal Seasons City di Jakarta Barat. Panitia memboyong kelompok kesenian khas Tionghoa dari Singkawang, Kalimantan Barat seperti barongsai, liong, gatong toa pekong hingga atraksi tatung untuk meramaikan hari ke-15 dalam perayaan Imlek itu.

Namun, festival tahunan itu tidak hanya menampilkan budaya Tionghoa. Ada juga tarian khas Dayak, ondel-ondel dan kesenian lainnya.

Puan mengaku sudah sejak tahun lalu menghadiri perayaan capgome. Tahun lalu, cucu Proklamator RI Bung Karno itu juga membuka Karnaval Capgome 2018 yang dipusatkan di kawasan Glodok, Jakarta Barat.

“Festival capgome ini merekatkan bangsa Indonesia dengan keragaman budayanya masing-masing,” kata Puan di acara yang juga dihadiri Wakil Ketua DPR Utut Adianto itu.

Puan dalam sambutannya juga mengatakan, Indonesia didirikan bukan untuk golongan tertentu. “Indonesia dimerdekakan oleh Bung Karno bukan untuk satu agama, suku, golongan atau kelompok tertentu, tetapi buat kita semua, bangsa Indonesia,” ujar Puan yang langsung ditimpali aplaus pengunjung dan peserta festival.

Ketua Dewan Pembina Capgome 2019 Charles Honoris mengatakan, Indonesia bisa berdiri karena ada kerja sama dan gotong royong dari semua elemen, termasuk kalangan Tionghoa. Menurutnya, warga Tionghoa sudah mendiami wilayah Nusantara sejak ribuan tahun silam.

Menko PMK Puan Maharani menyuarakan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa dalam Festival Capgome 2019 di Tambora, Jakarta Barat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News