JPNN.com

SPKKL Kupang Bakamla Ikut Menangani Pengungsi Luar Negeri

Kamis, 01 Agustus 2019 – 08:37 WIB SPKKL Kupang Bakamla Ikut Menangani Pengungsi Luar Negeri - JPNN.com

jpnn.com, KUPANG - Personel SPKKL Kupang Bakamla RI/IDNCG mengikuti pelatihan penanganan penemuan pengungsi luar negeri yang mengalami kedaruratan di perairan. Pelatihan digelar di salah satu hotel Kupang, Jalan Piet A Tallo, Oesapa, Kelapa Lima, Kota Kupang, sejak kemarin.

Pelatihan berlangsung selama tiga hari bersama puluhan peserta stakeholder lainnya. Adapun kegiatan dibagi dalam dua rangkaian, yaitu rapat pembahasan tentang penanggulangan penanganan pengungsi luar negeri dan latihan SAR beregu.

Dalam hal ini Kepala SPKKL Kupang Mayor Bakamla Rudi Purnomo dan TU SPKKL Kupang Lettu Yeanry M. Olang mengikuti sesi pembahasan. Sedangkan untuk latihan SAR beregu diikuti staf SPKKL Kupang Dwi Santoso dan Jopi Jakobis Menoh.

BACA JUGA: Eks Menhan Berkunjung ke Markas Komando Armada II, Nih Agendanya

Untuk sesi latsar beregu rencananya akan dilaksanakan di Hansisi Pulau Semau. Simulasi latihan menggambarkan adanya kapal memuat pengungsi asing, saat sedang melintas di perairan Kupang mengalami masalah pada kapal dan membutuhkan pertolongan segera. Kemudian kapal tersebut mengirimkan sinyal bantuan yang diterima oleh kapal patroli Bakamla RI/IDNCG yang sedang melaksanakan patroli.

Menindaklanjuti informasi tersebut, kapal patroli Bakamla RI/IDNCG menghubungi unsur SAR terdekat dengan lokasi korban untuk bersama-sama bergerak memberikan pertolongan. Selanjutnya korban yang merupakan pengungsi asing tersebut diserahkan kepada stakeholder kantor Imigrasi Kupang untuk proses lebih lanjut.

Kasubbag Humas Bakamla RI, Letkol Bakamla Mardiono melaporkan unsur kapal yang mengikuti Latsar Beregu adalah Kal. Semau Lantamal VII Kupang, RIB Amfibi BPBD Provinsi NTT, RIB Navigasi Kupang, Sekoci KSOP, Sekoci KP3L, KN. Antareja SAR Kupang, RB 308 SAR Kupang dan RIB 10 SAR Kupang.(fri/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...