Sri Mulyani Bakal Jumpa Pers usai Digarap Bareskrim

Sri Mulyani Bakal Jumpa Pers usai Digarap Bareskrim
Sri Mulyani Bakal Jumpa Pers usai Digarap Bareskrim

jpnn.com - JAKARTA - Penyidik Bareskrim Mabes Polri hingga saat ini masih memeriksa mantan Menteri Keuangan Sri Mulyani di kedung Kementerian Keuangan, Jalan Wahidin, Jakarta, Senin (8/6). Sri Mulyani diperiksa sebagai saksi kasus dugaan korupsi penjualan kondensat bagian negara oleh SKK Migas dan PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI)

Rencananya, usai pemeriksaan itu Sri Mulyani akan menggelar jumpa pers. Namun, direktur pelaksana di Bank Dunia itu hanya memberikan keterangan satu arah saja tanpa ada tanya jawab.

"Ibu (Sri Mulyani, red) mau ngomong nanti, tapi tidak mau di-doorstop ya. Jadi nggak ada tanya jawab," ujar pegawai di Kemenkeu yang tak mau namanya diberitakan.

Sejauh ini pemeriksaan atas Sri Mulyani masih berlangsung. “Belum tahu kapan selesainya, sekarang ibu masih diperiksa di atas," jelasnya.

Seperti diketahui, Bareskrim memeriksa menteri keuangan di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu untuk mengetahui cara pembayaran TPPI dari penjualan kondensat. Persetujuan tentang cara pembayaran itu dikeluarkan Sri Mulyani saat menjabat Menkeu.

SKK Migas melakukan proses penunjukan langsung dalam penjualan kondensat bagian negara kepada PT TPPI.‎ Namun, polisi mengendus dugaan tindak pidana korupsi dan pencucian uang penjualan kondensat yang dilakukan dalam kurun waktu 2009-2010.‎ TPPI malah menjualnya ke perusahaan lain di dalam negeri maupun luar negeri.

Hasil penjualan kondensat itu diduga juga tidak diserahkan ke kas negara. Total kerugian negara berdasarkan perhitungan ‎Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) mencapai USD 139 juta.

Dalam kasus itu, polisi sudah menetapkan tiga tersangka. Yakni mantan kepala BP Migas Raden Priyono dan anak buahnya, Djoko Harsono, serta bos PT TPPI, Honggo Wendratno.(chi/jpnn)


JAKARTA - Penyidik Bareskrim Mabes Polri hingga saat ini masih memeriksa mantan Menteri Keuangan Sri Mulyani di kedung Kementerian Keuangan, Jalan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News