Sri Mulyani Menyampaikan Peringatan, Bukan Sekadar Resesi dan Utang

Sri Mulyani Menyampaikan Peringatan, Bukan Sekadar Resesi dan Utang
Menteri Keuangan Sri Mulyani. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan peringatan terkait potensi resesi yang terjadi tahun ini.

Sri Mulyani menyatakan Indonesia perlu waspada terhadap berbagai potensi risiko mulai dari resesi, utang, geopolitik hingga perubahan iklim atau climate change yang akan mengancam perekonomian global pada 2023 ini.

“Saya ingin sampaikan beberapa alasan untuk kita waspada (pada 2023) sebelum kita optimis (pada 2023),” kata Sri Mulyani dalam CEO Banking Forum di Jakarta, Senin.

Perempuan kelahiran 26 Agustus 1962 itu menjelaskan potensi resesi tahun ini salah satu mulai tercermin dari Dana Moneter Internasional (IMF) yang memperkirakan ekonomi global 2023 hanya tumbuh 2,7 persen.

Perkiraan IMF terhadap ekonomi global 2023 tersebut lebih rendah dibandingkan perkiraannya untuk pertumbuhan ekonomi 2022 yang sebesar 3,2 persen bahkan realisasi pertumbuhan 6 persen pada 2021.

Melalui perkiraan itu, IMF pun memprediksikan 30 persen sampai 40 persen dari perekonomian negara-negara di dunia akan mengalami resesi pada tahun ini.

Selain ancaman resesi, dunia turut dihadapkan dengan adanya utang negara yang sudah tidak sustainable atau berkelanjutan pada 2023.

Terdata lebih dari 63 negara di dunia yang utangnya dalam kondisi mendekati bahkan sudah tidak berkelanjutan hingga hal ini menjadi salah satu topik utama dalam gelaran Presidensi G20 Indonesia.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan peringatan terkait potensi yang mengancam perekonomian global pada 2023 ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News