Srikandi Ganjar Gelar Pelatihan Vokal untuk Asah Bakat Milenial di Cirebon

Srikandi Ganjar Gelar Pelatihan Vokal untuk Asah Bakat Milenial di Cirebon
Pelatihan vokal yang diadakan Srikandi Ganjar di Cirebon. Dok: sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, CIREBON - Sukarelawan Srikandi Ganjar tak henti-hentinya mengembangkan potensi dan bakat perempuan milenial di sejumlah daerah di Indonesia.

Salah satunya pelatihan vokal di Warung Mimi Sepuh, Desa Kecomberan, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat (Jabar). Srikandi Ganjar Jabar juga menggandeng Komunitas Cinta Seni Cirebon untuk menyukseskan pelatihan vokal itu.

Perwakilan Koordinator Daerah (Korda) Srikandi Ganjar Cirebon Gladis Anjelita mengatakan pelatihan vokal ini dibarengi dengan menyanyikan lagu tradisional Cirebon berjudul 'Kota Cirebon'.

"Pada kegiatan ini, peserta belajar cara melatih vokal dengan baik dan benar serta bagaimana menyanyikan lagu tradisional Cirebon dengan nada yang merdu," ujar dia dalam siaran persnya, Senin (10/7).

Gladis mengatakan dalam pelatihan ini, para peserta diajari teknik pernapasan dengan menggunakan perut. Setelah itu, para peserta langsung mempraktikkan menyanyi dengan teknik tersebut. Tujuannya, penyanyi semakin kuat dalam bernyanyi dan tidak mudah kehabisan suara.

"Yang dijelaskan dalam pelatihan ini ialah teknik pernapasan dengan menggunakan perut yang biasa kita lakukan ketika tidur. Lalu, dipraktikkan bagaimana menyanyi dengan menggunakan teknik itu secara baik dan benar," ungkapnya.

Gladis menjelaskan pelatihan ini digelar agar bakat dan kreativitas puluhan milenial di Kabupaten Cirebon makin terasah dalam bidang musik, khususnya olah vokal. Selain itu, musik yang dipilih untuk belajar vokal para peserta adalah lagu tradisional berjudul "Kota Cirebon".

"Kami ingin melestarikan kebudayaan yang ada di Cirebon. Banyak yang enggak tahu nih para milenial tentang kebudayaan yang ada di Cirebon. Jadi, kami mengenalkan ini agar seluruh masyarakat Indonesia juga mengetahui ada banyak kebudayaan di Cirebon sehingga dapat dikenal," katanya.

Sukarelawan Srikandi Ganjar mengadakan pelatihan vokal bersama perempuan milenial di Cirebon.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News