Srikandi-srikandi Pilkada Berjaya

Srikandi-srikandi Pilkada Berjaya
Tri Rismaharini yang menjadi salah satu srikandi pemenang pilkada. FOTO: jawa pos

jpnn.com - PILKADA serentak 2015 juga dihebohkan dengan kemenangan calon-calon perempuan. Dari hasil quick count beberapa lembaga survey, ada 14 calon calon kepala daerah perempuan yang menang dalam Pilkada serentak tahun ini. 

Di antaranya adalah Risma Trimaharini yang sukses meraup suara 80 persen lebih di Kota Surabaya. Belum lagi Airin di Kota Tangerang Selatan, Cellica yang memimpin Kabupaten Kerawang, Ratu Ratu yang memimpin Kabupaten Serang, dan seterusnya.

Ada juga Kartika Hidayati yang menjadi calon wakil bupati Fadeli di Pilkada Lamongan. Pasangan ini 75 persen suara dari lawan-lawannya. Masih banyak lagi srikandi yang berjaya di pilkada kali ini.

Ketua Komnas Perempuan Azriana menilai, kemenangan itu menggembarkan bahwa perempuan mulai diterima untuk me­mimpin masyarakat seperti kepemimpinan laki-laki. 

"Untuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap kemampuan perempuan untuk mengambil keputusan itu tidak mudah," ujar Azriana.

Titi Anggraeni, dari Perludem, menilai, kemenangan ini harus disertai catatan Indonesia punya banyak PR soal politik kekerabatan dan perempuan yang terfragmentasi kepentingan elite. 

Calon perempuan yang menang sebagian besar adalah petahana dan sebagian besar mengandalkan politik kekerabatan. 

"Airin itu (menang) karena banyak faktor. Pesimisme, pragmatisme, dan apatisme pemilih serta juga kelompok menengah yang tidak banyak peduli dengan politik lokal," katanya. (jun/nir/gun/wan/byu/c9/kim) 


Berita Selanjutnya:
Tiga Pasangan Bersaing Ketat

PILKADA serentak 2015 juga dihebohkan dengan kemenangan calon-calon perempuan. Dari hasil quick count beberapa lembaga survey, ada 14 calon calon


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News