Sriwijaya Air Tergelincir di Manokwari, Butuh 10 Jam Dievakuasi

Sriwijaya Air Tergelincir di Manokwari, Butuh 10 Jam Dievakuasi
Pesawat Sriwijaya Air Boeing 737 Seri 300, nomor penerbangan SJ 570 yang tegelincir di Bandara Rendani Manokwari, Provinsi Papua Barat, Rabu (31/5) pagi sekitar pukul 08.51 WIT. Foto La Ode Mursdin/Radar Sorong/JPNN.com

jpnn.com, MANOKWARI - Pesawat Sriwijaya Air tergelincir di Manokwari, Papua Barat, sekitar pukul 08.51 WIT, Rabu (31/5). Pesawat jenis Boeing 737 Seri 300 dengan nomor penerbangan SJ 570 mengalami kecelakaan di Bandara Rendani Manokwari.

Pesawat yang terbang dari Makassar dan transit di Sorong ini tergelincir keluar dari landacan pacu Bandara Rendani hingga sejauh 50 meter.

Kepanikan luar biasa terjadi di kabin pesawat. Tangga darurat difungsikan. Sebanyak 146 penumpang berupaya menyelamatkan diri.

Di antaranya 146 penumpang, 4 orang anak kecil dan  3 bayi. Karena panik ada penumpang yang melompat dari pintu darurat bagian kanan pesawat.

Radar Sorong (Jawa Pos Group) melaporkan, butuh waktu 10 jam untuk mengevakuasi pesawat yang diterbangkan pilot Capt. Dedi Herdiansyah dan Co Pilot Tonny Febriyanto.

Kondisi tanah  yang berlumpur menyulitkan upaya evakuasi. Diletakkan plat baja untuk lintasan pesawat, namun itupun masih sulit.

Roda depan mengalami kerusakan sehingga dikerahkan mobil crane untuk mengangkat bagian depan pesawat.

Butuh waktu sekitar 10 jam lebih untuk mengevakuasi pesawat ke landasan pacu. Dikerahkan 2 kendaraan berat untuk menarik burung besi tersebut.

Pesawat Sriwijaya Air tergelincir di Manokwari, Papua Barat, sekitar pukul 08.51 WIT, Rabu (31/5). Pesawat jenis Boeing 737 Seri 300 dengan nomor

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News