Ssst, KPK Dalami Aliran Suap ke Kemenkeu Melalui Pejabat Bank Panin

Ssst, KPK Dalami Aliran Suap ke Kemenkeu Melalui Pejabat Bank Panin
Plt Jubir KPK KPK Ali Fikri. (Humas KPK)

jpnn.com, JAKARTA - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Kepala Seksi Perpajakan di Biro Administrasi Keuangan Bank Panin Tikoriaman.

Menurut Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, penyidik menanyai Tikoriaman mengenai dugaan aliran suap ke oknum pegawai Ditjen Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

"Saksi dikonfirmasi antara lain terkait dengan pemeriksaan pajak yang dilakukan oleh tersangka WR (Wawan Ridwan) dan kawan-kawan yang diduga ada pertemuan dan kesepakatan untuk pemberian sejumlah uang atas pemeriksaan tersebut," kata Fikri dalam keterangannya, Jumat (12/11).

Dugaan aliran suap itu juga dikonfirmasi kepada mantan Kepala Biro Administrasi Keuangan Bank Panin Marlina Gunawan, eks Manager Admin di Foresight Consulting Artha Nindya Kertapati, Manager Konsultan Pajak pada Foresight Consulting Naufal Binnur, dan mantan Partner Konsultan Pajak pada Foresight Consulting Aulia Imran Maghribi.

Lalu, Pemeriksa Pajak Madya sebagai Supervisor pada Kanwil DJP Jakarta Utara Alfred Simanjuntak, PNS Ditjen Pajak Musliman, mantan Kasubdit Teknik dan Pengendalian Pemeriksaan Direktorat Pemeriksaan dan Penagihan Dirjen Pajak Yudi Sutiana Gardayudia, Staf Konsultan pada Foresight Consulting Sani Lastian.

Mereka dimintai keterangannya untuk mendalami kasus dugaan suap pemeriksaan perpajakan 2016-2017 pada Direktorat Jenderal Pajak Kemenkeu.

Selain itu, tim penyidik juga menelisik penukaran sejumlah uang tersangka Wawan Ridwan. KPK menduga sumber penukaran uang itu dari para wajib pajak.

Mereka yang diperiksa di antaranya Karyawan Swasta atau Bagian Kepatuhan PT. Binavalasindo Dolarasia Sejahtera Utama Nugraha Ronaldo Sabang Simorangkir, Kepala Cabang Kelapa Gading PT Binavalasindo Dolarasia Sejahtera Utama Rianhur Sinurat.

KPK tengah mendalami aliran suap terkait pemeriksaan perpajakan 2016-2017 pada Ditjen Pajak Kemenkeu dengan memeriksa pejabat Bank Panin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News