Ssst..Ada Bocoran Anyar dari Lokasi Syuting Bumi Manusia

Ssst..Ada Bocoran Anyar dari Lokasi Syuting Bumi Manusia
Sutradara Hanung Bramantyo mengarahkan pemain di lokasi syuting Bumi Manusia. Foto: Falcon Pictures via Instagram Hanung Bramantyo

jpnn.com - Tiga setengah bulan setelah pengumuman cast film Bumi Manusia, akhirnya foto adegan dirilis. Beberapa hari terakhir foto-foto proses syuting di Jogjakarta berseliweran di akun media sosial Falcon Pictures.

Tampilan Minke (Iqbaal Ramadhan), Annelies (Mawar de Jongh), Nyai Ontosoroh (Ine Febriyanti), dan para tokoh lain dalam balutan busana zaman kolonial memantik beragam komentar.

Ada yang memuji. Ada juga yang nyinyir. Namun, mari kita fokus pada produksi filmnya saja. Menurut sutradara Hanung Bramantyo, sejak memutuskan membuat film itu, dirinya sadar akan ada perbandingan dan ekspektasi.

Terlebih, Bumi Manusia memiliki basis pembaca yang besar dan militan. Novelnya merupakan karya sastra yang agung. Deskripsi atau penggambaran novel ke film pasti akan menuai banyak komentar. Termasuk soal karakter dan desain kostum.

Terkait dengan karakter Minke dan Annelies, Hanung sangat puas. Dia mengatakan bahwa Iqbaal mampu memerankan Minke dengan sangat baik. ’’Pokoknya, Iqbaal sudah keluar dari sosok Dilan,’’ ujarnya saat dihubungi pada Minggu (9/9) di sela break syuting di Jogjakarta.

Dia menjamin kemampuan akting Iqbaal sebagai Minke semakin bagus. Dia menilai Iqbaal mampu memberikan akting yang lebih dalam ketimbang ketika memerankan Dilan. Di Dilan 1990, ucap dia, akting aktor berusia 18 tahun itu baru keluar 30 persen. ’’Di Bumi Manusia aktingnya meningkat lebih dari 40 persen,’’ ungkap Hanung.

Proses syuting memakan waktu cukup panjang, sejak 14 Agustus dan dijadwalkan berakhir pada 29 September. Selama satu setengah bulan itu, Iqbaal fokus menjaga karakter Minke dalam dirinya. Sebagai pemeran utama, setiap hari selalu ada scene untuknya.

Break syuting digunakan untuk membaca kembali script maupun bukunya. ”Selama di set, Iqbaal totally jadi Minke,” kata Omen Omar, manajer yang mendampingi sang aktor selama syuting.

Tiga setengah bulan setelah pengumuman cast film Bumi Manusia, akhirnya foto adegan dirilis. Beberapa hari terakhir foto-foto itu berseliweran di jagad maya

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News