Ssstt... Jokowi dan Megawati sudah Berkomunikasi Ganti Menteri

Ssstt... Jokowi dan Megawati sudah Berkomunikasi Ganti Menteri
Ssstt... Jokowi dan Megawati sudah Berkomunikasi Ganti Menteri

jpnn.com - JAKARTA – Isyarat perombakan Kabinet Kerja alias reshuffle semakin kuat. Presiden Joko Widodo bahkan sudah berkonsultasi dengan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri terkait rencana pergantian menteri.

Menurut Wakil Sekjen PDI Perjuangan, Ahmad Basarah, komunikasi antara Jokowi -sapaan Joko Widodo- dengan Megawati untuk membahas perombakan kabinet sebenarnya sudah berlangsung sejak partai berlambang kepala banteng itu usai menggelar kongres di Bali, April lalu. Hanya saja, Basarah masih mengunci rapat isi pembicaraan antara Megawati dengan Jokowi soal pergantian menteri.

“Setelah kongres keempat PDIP lalu, Pak Jokowi juga sudah melakukan komunikasi politik dengan ibu ketua umum (Megawati). Namun, hasilnya belum bisa menjadi konsumsi publik,” kata Basarah saat ditemui di sela-sela pembukaan sekolah bagi calon kepala daerah dari PDIP di Jakarta, Minggu (28/6).

Basarah menuturkan, kondisi perekonomian memang  tak kunjung membaik. Karenanya kinerja Kabinet Kerja pun jadi sorotan.

Basarah menyebut ada persoalan di kalangan menteri dalam menjalankan visi dan misi Jokowi. “Berdasar evaluasi di lapangan, menteri-menteri di kabinet belum mampu menerjemahkan cita-cita Pak Jokowi,” ujar Basarah.

Namuan demikian anggota DPR RI itu menegaskan, persoalan ekonomi bukan satu-satunya yang membuat kinerja pemerintahan Jokowi menjadi tak moncer. Sebab, ada dinamika politik yang membuat pemerintah tak bisa bekerja cekatan. Terutama dengan munculnya blok Koalisi Indonesia Hebat (KIH) yang mendukung pemerintahan Jokowi, dengan Koalisi Merah Putih (KMP) yang mendominasi parlemen.  “Kita memang mengalami turbulensi politik selama tiga bulan di awal-awal,” ucap Basarah.

Lantas apakah reshuffle nanti juga akan memasukkan politikus dari parpol anggota KMP? Basarah tak memungkiri kemungkinan itu. Sebab, pemerintah memang perlu dukungan kuat.  “Perlu dipertimbangkan agar KIH ditambah dengan partai lain agar dukungan menjadi signifikan,” cetusnya. (jpnn)


JAKARTA – Isyarat perombakan Kabinet Kerja alias reshuffle semakin kuat. Presiden Joko Widodo bahkan sudah berkonsultasi dengan Ketua Umum


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News