Sssttt... Anis Matta Khawatirkan Virus Ganas Muncul pada 2023 dan 2026

Sssttt... Anis Matta Khawatirkan Virus Ganas Muncul pada 2023 dan 2026
Ketua Umum Partai Gelora Indonesia Anis Matta. Foto: Fathra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Muhammad Anis Matta memprediksi krisis akibat penularan penyakit virus corona 2019 (Covid-19) yang menimpa dunia dan Indonesia tidak akan berakhir dalam waktu dekat.

Anis justru mengkhawatirkan setelah pandemi Covid-19 berakhir bakal muncul virus lain yang lebih pada 2023 dan 2026.

"Ada satu dokumen yang saya baca mengatakan bahwa kemungkinan 2023 dan 2026 ada lagi virus lain," ujar Anis saat berkunjung ke kantor redaksi satu media daring di Jalan Palmerah, Jakarta, Kamis (20/8).

Berkaca dari itu, Anis menduga tidak akan ada definisi akhir dari krisis yang diakibatkan penyebaran virus. Mantan wakil ketua DPR itu mengibaratkannya seperti persoalan teroris yang tak diketahui kapan berakhir.

"Jadi ini satu jenis krisis yang tidak ada definisi akhirnya. Maksudnya tidak ada satu situasi nanti berakhirnya begini. Sejak 2001 misalnya, Anda mendengar isu teroris, selesai tidak isu itu? Tidak," kata dia.

Lebih lanjut Anis mengatakan, ada faktor yang membuat situasi lebih berat daripada saat ini, terutama kehidupan di kota yang menjadi tempat  konsentrasi manusia.

"Karena pada dasarnya virus itu berhubungan dengan kehidupan kota, di mana manusia terkonsentrasi dalam jumlah besar. Makanannya berupa hewan, ini didekatkan kepada dia, potensi itu (penularan virus, red) pasti terjadi," lanjut dia.

Selain itu, Anis juga berbicara soal climate change atau perubahan iklim yang membuat situasi global menjadi berat. Merujuk prediksi The Food and Agriculture Organization (FAO), kata Anis, mungkin ada krisis pangan dalam dua tahun ke depan.

Anis Matta ungkap kemungkinan munculnya virus selain Covid-19 pada 2023 dan 2026. Virus apa itu?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News