Ini Berita Media Israel soal Kontak Rahasia dengan RI

Ini Berita Media Israel soal Kontak Rahasia dengan RI
Pemberitaan di media terbitan Tel Aviv, Haaretz tentang pembicaraan dengan pemerintah Indonesia soal bebas visa bagi warga negara Israel. Foto: Haaretz

jpnn.com, JAKARTA - Surat kabar terbitan Israel, Haaretz pada awal Mei lalu menurunkan laporan yang mengagetkan pemerintah Indonesia. Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi bahkan merasa perlu membantah pemberitaan koran tertua di Israel itu.

Judul berita di Haaretz yang memantik perhatian publik tanah air adalah Without Diplomatic Ties, Progress Made Toward Indonesia Issuing Tourist Visas for Israelis. Berita itu membeber pembicaraan antara kamar dagang Israel dan Indonesia soal fasilitas bebas visa kunjungan bagi turis asal negeri di Timur Tengah tersebut.

“Kami berharap bahwa orang-orang di Indonesia yang mencoba mempromosikan upaya untuk mencairkan hubungan ini segera berhasil,” ujar Emanuel Shahaf selaku ketua Kamar Dagang Israel.

Haaretz juga menuliskan, Indonesia sebagai negeri dengan populasi muslim terbesar di dunia memang secara resmi tidak mengaku Israel. Hanya saja sejak Palestina dan Israel menandatangani Piagam Oslo pada era 1990-an, ada peningkatan hubungan secara klandestin antara Indonesia dengan satu-satunya negara Yahudi di dunia itu, terutama di bidang ekonomi.

Silakan baca: Ssttt, Para Pejabat Top Israel Diam-diam Masuk ke Indonesia

Pada Maret 2015, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu saat bertemu sejumlah jurnalis Indonesia menyatakan bahwa sudah saatnya ada hubungan formal antara negerinya dengan Indonesia. Menurutnya, alasan-alasan yang selama ini mencegah hubungan kedua negara sudah tidak relevan lagi.

Bahkan, Netanyahu juga membanggakan pertemanannya dengan sejumlah orang Indonesia di media sosial. ”Saya punya cukup banyak teman dari Indonesia di Facebook,” tegasnya.

Bahkan, beberapa pekan setelah pertemuan Netanyahu dengan sejumlah jurnalis tanah air, Wakil Perdana Menteri Israel Tzipi Hotovely mengungkap adanya kontak rahasia dengan Indonesia dalam rangka memperkuat hubungan antara kedua negara. Menurutnya, ada pejabat Kementerian Luar Negeri Israel untuk wilayah Asia Tenggara yang sudah masuk ke Jakarta.

Surat kabar terbitan Tel Aviv, Haaretz pada awal Mei lalu menurunkan berita tentang adanya kontak rahasia antar Israel dengan Indonesia soal bebas visa turis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News