Ssttt..., Ini Info Lain dari Sekjen PDIP soal Isi Pembicaraan Jokowi dan Megawati

Ssttt..., Ini Info Lain dari Sekjen PDIP soal Isi Pembicaraan Jokowi dan Megawati
Presiden Joko Widodo bersama Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyantodi Istana Negara, Sabtu (24/10). Foto: Natalia Fatimah/JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menggelar pertemuan sembari makan siang di Istana Negara, Sabtu (23/10). Jokowi menyebut pertemuan itu membahas masalah perekonmian nasional dan bencana kabut asap.

Sedangkan Megawati mengatakan, pertemuan itu juga membahas masalah persiapan jelang pemilihan kepala daerah secara serentak pada 9 Desember nanti. Presiden RI kelima itu mengigatkan pemerintah tentang pentingnya menyinggung pentingnya menjaga kewaspadaan jelang pilkada serentak.

Namun, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto yang ikut mendampingi Megawati pada pertemuan dengan Jokowi, membeber informasi lain. Menurut Hasto, ada masukan dari Megawati ke Jokowi yang akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Amerika Serikat.

"Mengingat Presiden Joko Widodo akan segera bertolak ke Amerika Serikat, tentunya sangat relevan bagaimana kebijakan politik luar negeri yang bebas aktif dijalankan. Terlebih lagi posisi geopolitik Indonesia sangat strategis,” ujar Hasto usai pertemuan itu.

Baca juga: Makan Siang di Istana, Megawati Beri Masukan Sebelum Jokowi ke Luar Negeri

Selain masalah hubungan luar negeri, Jokowi dan Megawati juga membicarakan persoalan kabut asap yang tak kunjung reda. Megawati juga berpesan ke Jokowi tentang pentingnya meningkatkan kewaspadaan nasional karena bisa saja ada pihak ketiga yang menunggangi bencana.

“Jangan sampai ada pihak ketiga yang menggunakan hal itu untuk kepentingan politik tertentu. Karena itulah selain membahas bagaimana menangani bencana asap,  aspek-aspek politik strategis juga disinggung. Apapun yang terjadi, pemerintah harus menggunakan seluruh daya upaya, agar rakyat tidak menjadi korban,” ujar Hasto.

Selain itu, ada juga hal-hal ringan yang dibicarakan. Misalnya tentang pengalaman Megawati saat masih tinggal di Istana Negara mengikuti ayahnya, Presiden RI pertama, Ir Soekarno. Megawati juga secara langsung menyampaikan rasa berbelasungkawa atas meninggalnya Ny Insani Wirorejo yang juga nenek Jokowi.

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menggelar pertemuan sembari makan siang di Istana Negara,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News