Stabilkan Harga di Pasar, Bulog Datangkan 10 Ton Bawang asal Tiongkok

Stabilkan Harga di Pasar, Bulog Datangkan 10 Ton Bawang asal Tiongkok
Bawang putih. Foto: JPG/Pojokputih

jpnn.com, PALEMBANG - Sebanyak 10 ton bawang putih dari Tiongkok, tiba di gudang Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Divre Sumsel Babel, Palembang, pagi kemarin (31/5).

Tambahan 10 ton ini untuk menstabilkan harga, mengingat stok bawang putih di agen berkurang karena pasokan dari Tiongkok putus.

”Hari ini (kemarin, red) bawang tersebut segera kami jual lagi. Insya Allah dengan adanya tambahan stok ini, akan menstabilkan harga," harap Kepala Perum Bulog Divre Sumsel Babel, Bakhtiar AS, seperti dilansir Sumatera Ekspres (Jawa Pos Group), hari ini.

Dikatakan, bawang putih itu dipasarkan di hampir seluruh pasar tradisional. Seperti Pasar Cinde, Pasar Km 5, Pasar Perumnas, Pasar Lemabang, dan lainnya. Di bulog, harga jual bawang putih ini hanya Rp 37 ribu per kg. Sedangkan di pasaran, lebih tinggi.

"Karena barang cukup, tinggal pilih. Mau beli murah ke Bulog atau mau mahal ya di pedagang. Kami melayani untuk pembelian berapapun (eceran,red)," paparnya.

Jelang Ramadan, sambung Bakhtiar, sebenarnya Bulog sudah mendatangkan 5 ton bawang putih. Telah didistribusikan ke pedagang, agen, pengecer, juga masyarakat melalui operasi pasar (OP).

Selain bawang putih, pihaknya juga akan melakukan OP komoditi lainnya. Seperti gula, beras, minyak goring, dan lainnya. "Kami juga datangkan daging beku India sebanyak dua ton. Sejauh ini, keberadaan daging ini lumayan direspon masyarakat sebagai alternatif konsumsi daging," katanya.

Terpisah, Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Sumsel, Agus Yudiantoro, mengatakan tambahan 10 ton bawang putih dari Bulog, diharapkan dapat menstabilkan harga bawang putih. ”Tapi kami tetap akan meminta kuota bawang putih kepada pemerintah pusat. Mengingat, hingga saat ini Sumsel belum mendapatkan kuota,” katanya.

Sebanyak 10 ton bawang putih dari Tiongkok, tiba di gudang Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Divre Sumsel Babel, Palembang, pagi kemarin (31/5).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News