Stabilkan Harga Pokok Pangan, Mentan Duet dengan Mendag

Stabilkan Harga Pokok Pangan, Mentan Duet dengan Mendag
Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan melakukan sinergi untuk menstabilkan harga pangan pokok di pasar.

Dari data yang dirilis Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian di pasar tradisional seluruh wilayah Jakarta, harga beras medium ada dikisaran 10.629/kg dan yang termurah tercatat 9.423/kg.

Cabai merah keriting di 37.500/kg, bawang merah di 37.000/kg, daging ayam diharga 33.071/kg, telur ayam 21.250/kg dan harga daging sapi masih diharga 122.550/kg.

Sama dengan Jakarta, untuk wilayah Jabodetabek dan sekitarnya harga komoditi pangan utama tidak mengalami perbedaan signifikan, perbedaan harga hanya terlihat di komoditi bawang merah yaitu di kisaran 29.789/kg.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman dalam sidak ke Pasar Induk Kramat Jati (13/5) menyampaikan rasa optimistisnya.

"Bersama Satgas pangan dan Kemendag, Kami akan terus memantau dan saya jamin harga pangan pokok tidak akan mengalami gejolak tinggi," ujar Amran dalam siaran persnya, Minggu (14/5).

Sayangnya, stabilnya pasokan dan harga komoditi pangan utama tidak diikuti komoditi bawang putih yang mengalami fluktuatif harga di pasaran.

Menanggapi hal ini, Amran tegaskan Kementerian Pertanian sudah melakukan revisi Permentan No.86 Tahun 2013 tentang Rekomendasi Impor Produk Hortikultura.

Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan melakukan sinergi untuk menstabilkan harga pangan pokok di pasar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News