Staf Khusus Menpora Soal Sukses Timnas U-22 di SEA Games 2023 dan Liga Tarkam

Staf Khusus Menpora Soal Sukses Timnas U-22 di SEA Games 2023 dan Liga Tarkam
Staf Khusus Menpora Alvin Suryohadiprojo saat ditemui di Kamboja. Foto: Amjad/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Arioredjo, melalui Staf Khusus Alvin Suryohadiprojo menilai kemenangan atas Thailand mempunyai arti yang tak terhingga untuk sepak bola Indonesia.

Menurut Alvin, bukan hanya Indonesia berhasil mengalahkan raja sepak bola SEA Games, tetapi juga jadi titik balik kebangkitan sepak bola Indonesia. 

"Kick off inilah yang harus jadi inisiasi seluruh komponen sepak bola Indonesia memulai lagi untuk mendorong kekuatannya dan pertumbuhannya ini di seluruh negeri," kata Alvin.

Karena itu, saat masih berada di momen bangkit inilah, infrastruktur pembinaan sepak bola harus ditingkatkan. Fasilitas pelatihan pun dimaksimalkan, serta program pengembangan bakat perlu didorong lebih masif lagi.

"Bakat tidak hanya bisa didapat dengan keliling mencari, tetapi bisa kuat ditumbuhkan melalui kompetisi-kompetisi. Pemain terbentuk karena kompetisi," ungkapnya.

Dengan kondisi sekarang, lanjut Alvin, Kemenpora ingin memanfaatkan momentum kebangkitan ini dan mengambil langkah berdampak dengan menggalakan liga tarkam (antar kampung) dan usia dini.

Tujuannya, untuk menumbuhkan bakat-bakat potensial imelalui kompetisi yang menyentuh langsung ke masyarakat dan bisa diikuti pula oleh jenis olahraga-olahraga lainnya.

"Betul, momen kebangkitan ini akan kita eksekusi lewat Liga Tarkam di daerah-daerah. Pak Menpora Dito Ariotedjo memang sudah merencanakan untuk menjadikan ini salah satu program prioritas dari Kemenpora tidak hanya untuk pengembangan bakat sepakbola saja tetapi untuk cabang olahraga lain juga," tuturnya.

Timnas U-22 Indonesia berhasil menjuarai SEA Games 2023, Staf Khusus Kemenpora singgung soal Liga Tarkam untuk mendapat bakat di akar rumput

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News