Stamina Lebih Prima Meski Fisik Telah Menua

Stamina Lebih Prima Meski Fisik Telah Menua
Ilustrasi

jpnn.com - Rambut boleh menipis, kulit bisa keriput dan penglihatan tidak lagi sejelas dulu, namun pada kasus-kasus tertentu, ada beberapa bagian tubuh yang justru semakin kuat meski usia terus menua. Apa sajakah itu?

Kendati sejumlah riset menunjukkan jika tubuh seseorang mencapai puncak kebugarannya pada usia 35 tahun, beberapa studi lain justru tidak menemukan adanya penurunan performa tubuh yang berkaitan dengan usia.

Faktanya, dalam sebuah studi, 25 persen pelari berusia 65 tahun hingga 69 tahun bisa berlari lebih cepat daripada 50 persen pelari berusia antara 20 tahun hingga 54 tahun.

Para pakar menyimpulkan jika atlet-atlet yang lebih tua seringkali memiliki performa yang lebih baik daripada atlet muda karena tubuhnya lebih teruji sehingga mereka tahu betul batas kemampuan mereka.

Di samping stamina yang lebih tinggi, berikut enam kelebihan lain yang dimiliki tubuh meski usia terus menua.

1. Tidak butuh banyak perawatan

Seiring dengan pertambahan usia, rambut-rambut yang terletak di permukaan tubuh seseorang juga akan berkurang. Itu berarti mereka tidak perlu melakukan waxing dan bercukur lagi. Kulit kepalanya pun tidak lagi memproduksi banyak minyak sehingga para lansia tidak perlu keramas sesering mungkin.

Tidak hanya itu, kulit wanita tua pun cenderung semakin bersih akibat adanya stabilisasi kadar berbagai hormon dalam tubuh. Di atas 50 tahun, minyak yang dikeluarkan dari kulit lansia perlahan menurun, baik pada pria maupun wanita.

Rambut boleh menipis, kulit bisa keriput dan penglihatan tidak lagi sejelas dulu, namun pada kasus-kasus tertentu, ada beberapa bagian tubuh yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News