Standar Hidup Masyarakat Australia Sudah Menurun

Standar Hidup Masyarakat Australia Sudah Menurun
Standar Hidup Masyarakat Australia Sudah Menurun

Perekonomian Australia semakin mengalami perlambatan dibandingkan perkiraan sebelumnya, meski pertumbuhannya sempat naik pada paruh pertama tahun ini.

Produk Domestik Bruto (PDB) tumbuh sebesar 0,3 persen dalam periode Juli - September menjadi atau 2,8 persen sepanjang 2018.

Ini menjadi ekspansi ekonomi terlemah dalam dua tahun terakhir dan bukan hasil yang akan dikehendaki Reserve Bank dalam upayanya menaikkan suku bunga.

Angka pertumbuhan tahunan juga mengalami penurunan signifikan dari pertumbuhan 3,4 persen yang tercatat dalam Neraca Nasional dari Biro Statistik.

Angka 2,8 persen juga jauh di bawah perkiraan 3,3 persen dan mencerminkan data konstruksi dan belanja modal yang lebih lemah, serta perlambatan di sektor perumahan.

Meskipun ada kontribusi besar dari ekspor dan pengeluaran pemerintah, tampaknya ekonomi domestik mengalami penurunan melunak secara nyata.

Sektor konstruksi menjadi penghambat pertumbuhan sementara sektor ritel dan manufaktur tidak bertumbuh.

Pengeluaran rumah tangga melemah

Ahli ekonomi IFM Alex Joiner menjelaskan tak banyak kabar menggembirakan dari sektor rumah tangga, dengan pertumbuhan pengeluaran hanya 0,3 persen pada kuartal ini dan 2,5 persen sepanjang tahun.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News