Stok Air Waduk Berkurang, Diperkirakan Hanya Bisa untuk Seminggu

Stok Air Waduk Berkurang, Diperkirakan Hanya Bisa untuk Seminggu
Stok Air Waduk Berkurang, Diperkirakan Hanya Bisa untuk Seminggu

jpnn.com - INDRAMAYU - Debit air Waduk Cipancuh di Desa Situraja, Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu terus menyusut dan masuk dalam kategori rawan. Sebab, waduk itu sudah di ambang kering.

Stok air di waduk seluas 700 hektar itu diperkirakan hanya bertahan sampai sekitar tujuh hari ke depan. Selanjutnya, kondisi Waduk Cipancuh bakal kering kerontang.

Hitungan itu berdasarkan volume air waduk saat ini yang tersisa satu juta kubik dibagi dengan jumlah 6.314 hektare luas areal sawah yang mesti diari. Suplai air untuk ribuan hektare areal sawah yang tersebar di empat kecamatan, yakni Gantar (1.186 hektare), Haurgeulis (4.110 hektare), Kroya (319 hektare) dan Anjatan (699 hektare) memang berasal dari Waduk Cipancuh. “Setelah pintu kelep pintu dasar dibuka, paling seminggu lagi habis,” ungkap pengamat Waduk Cipancuh, H Kanto seperti dikutip Radar Cirebon.

Hingga Jumat lalu (29/5), lanjut dia, sebagian dasar Waduk Cipancuh sebelah selatan sudah terlihat kering. Saking keringnya, waduk buatan Belanda dengan kedalaman delapan meter ini dimanfaatkan sejumlah warga sebagai sarana olahraga dadakan. Mereka menjadikan dasar waduk yang mengering sebagai lapangan sepak bola dan sirkuit motor cross. “Kalau sore ramai anak-anak latihan balap motor trail,” lanjut dia.

Menjelang habisnya air Waduk Cipancuh, pihaknya menebar surat imbauan kepada para kuwu dan jajaran pertanian untuk melakukan langkah antisipasi kepada para petani agar tidak terjadi gagal panen. Seperti dengan menggunakan sumur pantek dan pompanisasi.

Kanto yakin, untuk para petani di wilayah Kecamatan Gantar dan Haurgeulis terhentinya suplai air dari waduk Cipancuh tidak akan menuai masalah yang berarti. Pasalnya mereka sudah mempersiapkan diri dengan menyediakan sumur pantek di masing-masing areal sawahnya. Berdasarkan catatan, di dua kecamatan itu terdapat sekitar 1.300 sumur pantek yang dibuat oleh petani guna memenuhi pasokan air sepanjang musim kemarau.(jpnn)


INDRAMAYU - Debit air Waduk Cipancuh di Desa Situraja, Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu terus menyusut dan masuk dalam kategori rawan. Sebab,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News