Stok Aman, Impor Beras Thailand

Stok Aman, Impor Beras Thailand
Stok Aman, Impor Beras Thailand
JAKARTA - Pemerintah akan membuka kran impor beras guna memperkuat kebutuhan dalam negeri. Diperkirakan mulai pekan depan, pasar-pasar tradisional di beberapa kota besar di Indonesia akan dibanjiri oleh beras impor. Hal ini dilakukan pemerintah, untuk memperkuat stok nasional mengantisipasi perubahan iklim ekstrim yang melanda dunia saat ini. Kali ini akan masuk beras Thailand, menyusul beras Vietnam yang sudah beredar lebih dulu.

Wakil Menteri Pertanian Bayu Krisnamukti mengatakan pekan depan beras impor asal Thailand akan masuk ke Indonesia sekitar 100.000 ton. "Barang ini tidak hanya untuk stok saja, tetapi akan diguyurkan ke pasar-pasar di Jakarta, Sumatera, dan Kalimantan. Selain itu, untuk daerah yang mengalami kenaikan harga beras di atas 5 persen," kata Bayu.

Jenis beras impor kali ini, kata Bayu, berasal dari kelas premium atau yang mengalami kerusakan 5 persen. Dengan adanya beras impor ini, maka distributor beras bisa mulai melakukan pembelian melalui Bulog.

‘’Harganya bisa lebih murah Rp200-300 per Kg dari harga beras premium biasa.  Ini bukan beras sekelas Raskin tapi beras yang biasanya dimakan orang kaya,’’ kata Bayu.

JAKARTA - Pemerintah akan membuka kran impor beras guna memperkuat kebutuhan dalam negeri. Diperkirakan mulai pekan depan, pasar-pasar tradisional

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News