Stok Darah di PMI Kota Bekasi Menipis

Stok Darah di PMI Kota Bekasi Menipis
Donor darah. Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com, BEKASI - Selama Ramadan, stok darah di Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Bekasi semakin menipis karena berkurangnya donor sukarela pada siang hari di bulan puasa.

Humas Program Pencarian dan Pelestarian Donor Darah Sukarela (P2D2S) PMI Kota Bekasi Liza Nodya Chintadini mengatakan biasanya sehari bisa mendapatkan 300 kantung darah.

Namun, selama puasa 100 kantung darah pun tidak didapat selama sehari.

“Stok darah semakin menurun, ya karena kebutuhan darah sama, tetapi jumlah pendonor sedikit selama bulan Ramadan. Biasa kami sehari bisa mendapatkan 300 kantung kalau bulan puasa tidak mencapai 100 kantung,” ujar Liza, Selasa (29/5).

Liza mengatakan saat ini, PMI Kota Bekasi memiliki stok golongan darah AB tujuh kantong, golongan darah B terdapat 241 kantung, golongan darah O terhadap 236 kantung, golongan darah A terdapat 110 kantung.

“Data stok darah itu tentatif ya. Kami khawatirkan stok itu tidak bisa mencukupi kebutuhan selama Ramadan,” tandasnya.(kub/pojokbekasi)


Selama bulan puasa 100 kantung darah pun tidak didapat dalam sehari, padahal bila dihari biasa bisa mencapai 300 kantung darah.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News