Stok Gula Hanya Cukup Sampai Giling

Stok Gula Hanya Cukup Sampai Giling
Stok Gula Hanya Cukup Sampai Giling
SURABAYA- Ketersediaan gula nasional bertumpu pada musim giling nanti. Sebab, kini stok gula kristal putih khususnya Jawa Timur sebagai sentra produksi sudah menipis. Diperkirakan, hanya cukup sampai musim giling yang dijadwalkan berlangsung bulan depan.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Budi Setiawan mengatakan, stok gula kristal putih di pabrik gula terus tergerus. Apalagi, Jatim juga memenuhi permintaan di daerah-daerah luar jawa. Dalam catatan Disperindag stok gula di tingkat PTPN hanya tinggal 55.172.781 kg atau setara dengan 55 ribu ton. 

"Sejauh ini persediaan kita masih ada, walaupun juga memenuhi permintaan dari luar jawa yang cukup banyak. Akan tetapi, kita juga mempertimbangkan posisi stok sebelum mengirimkan gula ke luar pulau," ucapnya kemarin (24/4).

Dia menuturkan, stok yang tersedia masih mencukupi untuk kebutuhan sebelum masuk musim giling. Disebutkan, rata-rata konsumsi gula jatim sebesar 35-40 ribu ton per bulan. Sedangkan, pada bulan puasa maupun ketika permintaan sedang meningkat bisa membengkak hingga 50 ribu ton per bulan. Diyakini, menipisnya stok dapat tertutupi pada musim giling nanti.

SURABAYA- Ketersediaan gula nasional bertumpu pada musim giling nanti. Sebab, kini stok gula kristal putih khususnya Jawa Timur sebagai sentra produksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News