Stok Vaksin COVID-19 Menipis, Bamsoet Ingatkan Kemenkes

Stok Vaksin COVID-19 Menipis, Bamsoet Ingatkan Kemenkes
Foto Dok - Petugas kesehatan mengambil vaksin COVID-19 produksi Sinovac saat pelaksanaan vaksinasi massal di Surabaya, Jawa Timur. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru/rwa)

jpnn.com, JAKARTA - Pelaksanaan vaksinasai COVID-19 disebut terhambat dan belum mampu mencapai target suntikan harian, akibat menipisnya stok vaksin.

Menanggapi hal tersebut Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta agar kementerian kesehatan segera memenuhi ketersediaan vaksin.

Menurutnya, ketersediaan vaksin di daerah-daerah sangat penting agar program vaksinasi nasional dapat berjalan dengan baik.

"Meminta Kemenkes segera memenuhi stok vaksin di setiap daerah sesuai rujukan dari pemerintah daerah."

"Percepatan program vaksinasi perlu dilakukan secara bersama agar kekebalan kelompok dapat segera terbentuk,” ujar Bambang Soesatyo dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (28/7).

Pria yang akrab disapa Bamsoet ini juga meminta Kemenkes mengevaluasi sistem kerja vaksinator di lapangan serta memastikan ketersediaan vaksin COVID-19.

Selain itu, Kemenkes diminta melakukan koreksi ulang terhadap data kebutuhan vaksin di tiap daerah.

Baik yang diperuntukkan bagi umum maupun yang diperuntukkan bagi anak, agar dapat diketahui jumlah vaksin yang harus didistribusikan ke masing-masing daerah.

Stok vaksin COVID-19 mulai menipis, Ketua MPR Bambang Soesatyo mengingatkan hal ini ke Kementerian Kesehatan.

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News