Stres Berlebihan Penyebab Demensia Pada Wanita

Stres Berlebihan Penyebab Demensia Pada Wanita
Stres Berlebihan Penyebab Demensia Pada Wanita

jpnn.com - KEHIDUPAN perkotaan saat ini memang rentan akan masalah dan stres. Untuk itu cobalah untuk kendalikan stres yang anda alami. Sebuah penelitian terbaru menemukankan bahwa stres berlebihan di sekitar usia 40 tahun dapat meningkatkan risiko seorang wanita untuk terkena demensia.

Demensia merupakan istilah yang digunakan untuk menjelaskan penurunan fungsional yang disebabkan oleh kelainan yang terjadi pada otak.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 800 wanita Swedia, mereka yang mengalami kejadian-kejadian tertentu dalam hidup seperti perceraian atau kematian orang terdekat lebih mungkin untuk terkena demensia di usia tuanya nanti.

BMJ Open mengatakan bahwa semakin berat masalah dan tekanan pemicu stres yang dihadapi, maka semakin tinggi juga risiko demensia yang mungkin dimiliki oleh seorang wanita.

Para penulis penelitian tersebut mengatakan bahwa kondisi ini terjadi akibat adanya hormon stres. Hormon ini diketahui dapat memicu adanya perubahan berbahaya di otak. Hormon stres dapat menyebabkan sejumlah perubahan dan mempengaruhi hal-hal dalam tubuh seperti tekanan darah dan pengontrolan gula darah.

"Hormon stres ini bahkan dapat tetap berada pada tingkat tinggi bertahun-tahun setelah peristiwa traumatis itu terjadi," kata peneliti, Dr. Lena Johanson, seperti dilansir laman BBC, Minggu (13/10).

Dalam studi tersebut, 800 responden wanita menjalani serangkaian tes dan pemeriksaan ketika mereka berusia di akhir 30 tahun, pertengahan 40 tahun atau 50 tahun. Kemudian mereka diperiksa kembali pada interval yang teratur selama 4 dekade berikutnya.

Pada awal penelitian, 1 dari 4 wanita mengatakan mereka telah mengalami setidaknya 1 kali peristiwa yang membuat mereka stres, seperti ditinggal meninggal oleh suaminya atau kehilangan pekerjaan. Proporsi yang sama telah mengalami setidaknya 2 kali peristiwa pemicu stres, sementara 1 dari 5 wanita telah mengalami 3 kali peristiwa pemicu stres tersebut. Para wanita yang lain mengalami lebih dari 4 kali peristiwa atau bahkan tidak mengalaminya sama sekali.

KEHIDUPAN perkotaan saat ini memang rentan akan masalah dan stres. Untuk itu cobalah untuk kendalikan stres yang anda alami. Sebuah penelitian terbaru

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News